Wujudkan Ketahanan Pangan, Ini yang Akan Dilakukan Camat Magarabombang

oleh -
Kepala Kecamatan Magarabombang, Mappaturung, S.Sos.

Dikabarkan Jurnalis CakrawalaInfo.id, Zainuddin.

CAKRAWALAINFO.id. TAKALAR — Salah satu upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan yakni diperlukannya peningkatan koordinasi dan sinergitas dari berbagai pihak.
Hal itu dikatakan Kepala Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Mappaturung.

Pihaknya mengaku akan segera berkoordinasi ke setiap pemerintah desa yang ada di Kecamatan Mangarabombang dengan mengutamakan program penangkaran benih padi dan jagung unggul guna mewujudkan ketahahan pangan.

“Secepatnya kami akan berkoordinasi ke semua kepala desa yang ada di Kecamatan Mangarabombang guna menyiapkan program penangkaran benih padi dan jagung unggul,” katanya kepada Cakrawalainfo.id, Sabtu, (14/09/19).

Menurutnya, tantangan untuk mewujudkan penangkaran benih padi dan jagung akan semakin berat terlebih banyak lahan pertanian dan perkebunan di wilayah Kecamatan Mangarabombang yang bertumpu dengan air hujan.

“Ini yang segera kita atasi, kita mesti berbenah jika kita ingin unggul dan salah satu solusinya adalah menyiapkan irigasi teknis dengan memanfaatkan potensi air tanah,” ungkapnya.

Ia menegaskan, tak ada alasan untuk menunda nunda penangkaran benih padi dan jagung yang merupakan program pro rakyat tersebut. Untuk itu dirinya akan bekerja maksimal guna mewujudkan hasil yang maksimal.

“Penangkaran benih padi dan jagung adalah program pro rakyat, kita akan hadirkan ahli perbenihan, kita siapkan sarana teknisnya, apakah dalam bentuk memanfaatkan angin atau matahari atau mungkin keduanya. Intinya bisa membuat petani kita berdaya saing dengan teknologi terapan tersebut,” katanya.

“kita berharap hasil penangkaran benih tersebut akan dikelola dengan baik oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes, red), dikemas lalu dijual kembali, sehingga Bumdes desa dapat membantu peningkatan PAD Desa menuju desa mandiri dan sejahter,” harap Mappatturung.

Editor : Rheynold.