WASI Pecahkan Dua Guinner World Record di Manado

oleh -
WASI Pecahkan Dua Guinner World Record di Manado
Handover | Saar pagelaraan WASI di Manado dengan membentangkan bendera merah putih.

CAKRAWALAINFO.com, MANADO Wanita Selam Indonesia ( WASI) pecahkan dua Guinness World Records (GWR) atau rekor dunia, Sabtu (03/08/2019) kemarin.

Kedua rekor dunia itu adalah penyelam massal sebanyak 3.131 orang, dan pembentangan bendera merah putih 1.014 meter persegi.

Pemecahan rekor selam dunia ini digelar di Pantai Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara. Dengan ketambahan dua rekor dunia ini, WASI telah memecahkan tiga rekor dalam waktu tiga hari.

Sebelumnya, WASI berhasil memecahkan rekor penyelam terpanjang sebanyak 578 dalam waktu 9 menit 51 detik, Kamis (1/8/2019).

Rekor ini memecahkan rekor dari Amerika Serikat dengan jumlah penyelam 368 orang.

Ketua WASI Tri Tito Karnavian mengatakan, peserta pemecahan tiga rekor dunia ini datang dari Sabang sampai Marauke dan negara-negara internasional, seperti Amerika, New Zealand, Prancis, Australia, Thailand, Mesir, Malaysia, Singapura, juga teman-teman turis yang ada di Manado.

Tri berterima kasih keada semua pihak yang membantu dan mendukung segala keperluan kegiatan. “Kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey, TNI-Polri, serta semua pihak masyarakat, karena tanpa mereka kami tidak bisa melakukan hal ini,” katanya sesuai ikut terlibat memecahkan rekor dunia selam, Sabtu siang.

Tri mengaku membentangkan bendera merah putih dengan ukuran besar di dalam air ada kendala-kendalanya.

“Namun, setelah kita melakukan gladi, dan kesulitan itu akhirnya kita bisa melaksanakan ini dengan baik,” ujar dia.

Ia mengatakan, latar belakang kegiatan pemecahan rekor dunia ini menegaskan bahwa Indonesia adalah negara kelautan, maritim. Jadi, harusnya lebih dikenal dengan semua kegiatan di laut.

“Yang pasti, rekor dunia ini sebagai kado HUT RI. Kita ingin memberikan hadia yang terbaik dan ini juga mengajak masyarakat mencintai laut,” sebutnya.

Menurut dia, dengan kegiatan ini bisa memberikan gambaran kepada masyarakat untuk bisa mendukung program-progam kelauatan, antara lain tidak membuang sampah plastik dan menjaga ekosistem laut.

Editor : Ikram Fairuz
COPYRIGHT © CAKRAWALA.INFO 2019