Video : Inilah Detik-detik KKP Indonesia Dibuntuti Kapal Malaysia

oleh -
Video : Inilah Detik-detik KKP Indonesia Dibuntuti Kapal Malaysia
Screenshot kapal Indonesia

CAKRAWALAINFO.com, SUMATERA – Video ini diunggah pemilik akun Facebook Moch Slamet, Selasa (9/4/2019) sore. Dalam video tersebut tampak kapal Coast Guard Malaysia menghalangi penangkapan yang dilakukan kapal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Coast Guard Malaysia mengejar menggunakan kapal speed boat dan juga helikopter, padahal kapal pencuri ikan tersebut dikawal Kapal Patroli (KP) Hiu Macan milik Indonesia.

Dalam video tersebut tampak dua orang personil KKP menenteng senjata laras panjang melakukan percakapan tentang penangkapan kapal tersebut dan apa yang dilakukan oleh Coast Guard Malaysia.

“Tidak apa-apa, biarin saja. Mereka yang masuk ini, yang penting kita siap sedia saja,” ujar salah seorang petugas KKP yang berdiri di dek kapal pencuri ikan kepada temannya yang sedang merekam kejadian.

emudian si perekam video mengarahkan kamera ke wajahnya dan menyampaikan bahwa kejadian tersebut adalah peristiwa pengejaran yang dilakukan oleh Cost Guard Malaysia di perairan Indonesia.

“Kita telah dikejar di lautan sendiri oleh Cost Guard Malaysia,” ujarnya. Rekan yang merekam kejadian pun kembali mengucapkan bahwa para Coast Guard Malaysia ngotot wilayah tersebut adalah wilayah Malaysia.

“Mereka ngotot ini wilayah mereka, wilayah Malaysia. Ini sudah jelas wilayah Indonesia,” ucapnya.

Kemudian perekam video pun kembali mengarahkan kamera ke wajahnya sendiri dengan mengutarakan bahwa mereka akan tetap bertahan menjaga wilayah NKRI.

“Kami akan tetap bertahan karena ini adalah wilayah Indonesia, yang harus kita jaga,” ujarnya. Si perekam pun kembali merekam kapal Cost Guard milik Malaysia yang mengejar mereka.

“Inilah kapal yang mengejar kami dengan nomor lambung 1813 dengan diawaki empat orang,” ujarnya. Kemudian tampak dalam video pihak cost guard Malaysia pun mencoba berkomunikasi dengan petugas KKP dengan menyuruh kapal pencuri ikan yang ditangkap berhenti.

“Mereka ngotot untuk berhenti, tetapi kita lanjut terus. NKRI harga mati,” ujar rekan perekam video. Dia pun melanjutkan ucapannya dengan mengatakan dia sudah siap berkorban untuk bangsa Indonesia.

“Demi nusa dan bangsa ku serahkan jiwa ragaku. Untuk NKRI kuserahkan jiwaku. Walaupun Malaysia mengintimidasi dengan menyebut ini wilayah Malaysia, tetapi di peta kami ini tetap Indonesia,” ujarnya.

Di akhir video si perekam video mengutarakan bahwa kapal Coast Guard Malaysia tersebut terus mengikuti kapal pencuri ikan yang mereka tangkap.

“Inilah kapal yang mengejar kami dengan nomor lambung 1813 dengan diawaki empat orang,” ujarnya.

Kemudian tampak dalam video pihak cost guard Malaysia pun mencoba berkomunikasi dengan petugas KKP dengan menyuruh kapal pencuri ikan yang ditangkap berhenti.

Editor : Ikram Fairuz
COPYRIGHT © CAKRAWALAINFO.com 2019