Vakum Dua Tahun, Ritual Sakral Accera Kalompoang Diselenggarakan

oleh -
Prosesi ritual pencucian benda pusaka Accera Kalompoang di Istana Balla Lompoa Kabupaten Gowa, Minggu (11/8/2019).
Loading...

CAKRAWALAINFO.id, GOWA – Giat acara ritual adat pencucian benda pusaka Accera Kalompoang di Balla Lompoa semarak terselanggarakan. Berlangsungnya ritual Accera Kalompoang dijaga ketat pihak aparat gabungan Polres Gowa dan Kodim 1409 Gowa.

Setelah beberapa tahun Accera Kalompoang tidak diselenggarakan, kini kembali dari pihak Kepolisian dan Kodim Gowa serta kerajaan Gowa juga dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa mengembalikan kultur Accera Kalompoang tersebut.

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL mengaku berterima kasih atas penyelanggaraannya kembali Accera Kalompoang ini.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga beserta seluruh jajarannya yang telah membantu Pemkab Gowa dan pihak keluarga Kerajaan Gowa sehingga Accera Kalompoang ini bisa dilaksanakan kembali,” ungkap Adnan Purichta. Minggu (11/8/2019).

Tingginya animo masyarakat mendukung proses pencucian benda pusaka (Accera’ Kalompoang) ini menjadikan salah satu budaya yang tidak bisa dihilangkan.

Sementara Bupati Gowa mengaku pasca perselisihan yang pernah terjadi pada beberapa tahun yang lalu. Kini Polres Gowa telah mencabut laporan yang pernah diterimanya antara Pemkab Gowa dan Kerajaan Gowa.

Polres Gowa juga telah memfasilitasi Pemkab Gowa dan Kerajaan Gowa di Bareskrim Polri untuk tetap dilaksanakannya Accera Kalompoang tersebut.

“Atas dasar pencabutan laporan itulah, alhamdulilah Accera Kalompoang ini bisa dilaksanakan kembali,” terang Bupati Gowa.

Bupati pun berharap Accera Kalompoang yang telah dilaksanakan kembali ini bisa terus dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan.

Hal senada ungkapan terima kasih, Akbp Shinto Silitonga, memberikan apresiasi pula atas terselenggaranya kembali Accera Kalompoang ini.

“Semoga tradisi Accera Kalompoang ini dapat terus dilestarikan dan dibudayakan, sehingga Kabupaten Gowa dapat semakin dikenal, bukan hanya di nasional, namun hingga ke kancah mancanegara,” tambahnya.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

loading...