Tercemar Limbah Medis, Pantai di Pakistan Ditutup

oleh -
Limbah medis di Pantai Pakistan

CAKRAWALAINFO.id, HEALT – Berwisata adalah hal yang kerap dilakukan oleh keluarga. Hal inilah untuk melepas penat bersama keluarga, pasangan hingga pacar.

Namun, dapatkah anda bayangkan ketika saat berjalan sembari menikmati pasir pantai ada begitu banyak bekas limbah medis.

Jika kalian kerap berjalan kaki tanpa menggunakan sendal sebaiknya jangan lakukan di pantai Clifton, Pakistan.

Dikutip BBC, di sana ada banyak limbah medis ditemukan beberapa di antaranya termasuk jarum suntik bekas dan botol yang tampak masih mengandung darah.

“Seperti ada rumah sakit yang terdampar di pantai kami,” ujar salah satu warga, Shaniera Akram.

Akram menilai pantai Clifton yang sering jadi tempat liburan favorit kini tidak lagi aman untuk pengunjung. Dalam waktu 10 menit berjalan di pasir ia bisa menemukan lebih dari empat lusin jarum suntik bekas.

Otoritas setempat mengaku belum tahu sumber limbah medis. Namun demikian penasehat teknis World Wildlife Fund, Mohammad Moazzam Khan, menduga kemungkinan limbah datang dari tempat pembuangan sampah yang hanyut akibat hujan lebat.

“Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya… Lebih dari 20 tahun lalu, ketika kesadaran terhadap lingkungan belum luas, tidak sedikit rumah sakit yang membuang limbahnya di tempat pembuangan sampah umum,” kata Khan.

Di media sosial foto-foto limbah medis bertebaran di pasir pantai memicu reaksi netizen. Hal ini mendorong otoritas untuk langsung bergerak membersihkannya.

Editor : Ibnu Gaffar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019