Terbukti Bakar Hutan, Denda 15 Miliar dan 15 Tahun Penjara

oleh -
Terbukti Bakar Hutan, Denda 15 Miliar dan 15 Tahun Penjara
Kepala Manggala Agni Daops Gowa, Ishak Andi Kunna. | Foto: A. Syahrul Khair

CAKRAWALAINFO.id, GOWA Daops Manggala Agni Gowa melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kacamatan Manuju.

Diketahui Manggala Agni Daops Gowa adalah Pengendalian Kebakaran Hutan Indonesia yang dinaungi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga: Manggala Agni Daops Gowa dan Polsek Manuju Gelar Patroli Hutan

Pencegahan itu dilakukan patroli bersama Kepolisian Sektor Manuju Polres Gowa. Ia melakukan upaya-upaya pencegahan kepada warga untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan di dalam hutan.

“Kita melakukan penyampaian untuk tidak memperbolehkan membakar, merokok dalam kawasan kehutanan,” kata Kapolsek Iptu Kasmawati kepada Cakrawalainfo.id, Jumat (23/8/2019).

Ia menjelaskan, apabila ada orang yang melanggar himbauan tersebut bisa dikenakan denda dan mendapatkan sanksi hukum pidana.

 

Baca juga: Cegah Kebakaran Hutan, Manggala Agni dan Polisi Giat Patroli

 

“Sesuai dengan UU No 3 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sesaui dengan pasal 108 jo Pasal 69 ayat 1 huruf a. Disitu disebutkan dilarang membuka lahan dengan cara membakar,” tambahnya.


/ Sosialisasi pencegahan hutan dan lahan


Untuk hukuman sanksi pidana, Kasmawati menyebut, 15 tahun sanksi hukuman penjara dan denda 15 milyar rupiah.

“Jadi untuk wilayah tugas kami itu tersebar di beberapa kabupaten. Langkah yang kami lakukan biasa itu adalah langkah-langkah pencegahan seperti giat Patroli” kata Kepala Manggala Agni Daops Gowa, Ishak Andi Kunna.

Diketahui secara umum di Indonesia terkhususnya di Provinsi Sulawesi Selatan ini sudah memasuki musim kemarau.

“Secara umum itu, di Sulawesi Selatan sudah memasuki musim kemarau, untuk langkah yang kita lakukan giat Patroli setiap saat untuk menghimbau kepada masyarakat agar sadar akan pentingnya melestarikan hutan,” tambah dia.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019