Tambang Galian Diduga Ilegal Kembali Beroparesi di Kecamatan Turatea, Warga Minta Dihentikan !

  • Whatsapp

CAKRAWALAINFO.id, JENEPONTO — Tambang Galian C yang diduga ilegal atau tidak resmi kembali beroperasi di Kabupaten Jeneponto, tepatnya di Dusun Biringje’ne, Desa Mangepong, Kecamatan Turatea.

Tambang tersebut diduga tidak memiliki izin resmi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Jeneponto sesuai dalam peraturan perundang-undangan tentang kegiatan usaha pertambangan dan izin AMDAL.

Bacaan Lainnya

Atas beroperasinya tambang galian tersebut, banyak warga setempat yang mengeluh, lantaran lokasi yang digunakan merupakan lahan pesisir sungai di samping jembatan penghubung antara Desa Mangepong dengan Desa Paitana.

Warga setempat khawatir akan dampak yang bisa saja disebabkan oleh tambang tersebut, misalnya saja, runtuhnya jembatan penghubung dua Desa itu dan kerusakan ekosistem lingkungan hidup, seperti tanah longsor, banjir, serta abrasi.

 

 

Oleh karena itu, salah satu warga setempat, SM kepada Cakrawalainfo.id mengatakan bahwa, “saya mewakili dari beberapa warga disini yang keberatan atas tambang tersebut, kami tidak ingin adanya kegiatan tambang yang bisa membuat kami khawatir akan dampak yang bisa ditimbulkan“, ujarnya, Minggu (17/01/2021).

Lokasinya ada di pesisir sungai, di samping jembatan penghubung antara Desa Mangepong dan Desa Paitana, tentunya itu sangat membahayakan dan sangat dikhawatirkan jembatan tersebut itu kemudian runtuh,” sambung SM.

Jika tidak ada antisipasi akan dampak yang bisa saja ditimbulkan oleh tambang tersebut, tentunya sangat merugikan Pemerintah Daerah, khususnya warga setempat.

Oleh karena itu, SM meminta kepada Pemerintah dan para penegak hukum agar aktivitas tambang yang diduga ilegal tersebut diberhentikan.

Adanya kegiatan tambang yang diduga ilegal itu, saya minta pihak pemerintah atau penegak hukum aktivitas tambang ilegal Desa Mangepong, Dusun Birinje,ne dihentikan,” tegas SM.

 

 

• Penulis : Nasir Tinggi
• Editor : Nawir Ila Al Haq

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *