Tak Henti-hentinya, Ribuan Mahasiswa di Kediri Serukan Tolak RKUHP

oleh -
Mahasiswa di Kediri gelar aksi unjuk rasa

CAKRAWALAINFO.id, KEDIRI — Sekitar 1.000 mahasiswa di Kota Kediri menggelar aksi demo di depan gedung DPRD Kota Kediri. Akibatnya jalan utama propinsi Kediri menuju Tulungagung dan Blitar terpaksa ditutup.

Para mahasiswa itu berdemo menyuarakan penolakan terhadap RKUHP dan UU KPK serta menuntut pemerintah segera menindak lanjuti kebakaran hutan di Sumatera.

“Draf UU KPK yang baru masih banyak sekali pasal-pasal yang kontroversi, muaranya pada upaya pelemahan fungsi, tugas wewenang KPK sebagai Lembaga antirasuah yang independen dan bebas dari kepentingan politik apapun,” ucap Krisma Atma, salah satu koordinator aksi, Selasa (24/9/2019).

Ia juga mengatakan mahasiswa saat ini menggugat UU KPK karena dengan UU KPK tersebut, KPK dibuat pincang dan digembosi.

“Mahasiswa meminta semua anggota DPRD Kota Kediri untuk sepakat dan tanda tangan untuk menolak RUU KPK tersebut. Jika Anggota DPRD Kota Kediri menolak tanda tangan, maka mahasiswa akan menduduki gedung DPRD Kota Kediri,” imbuh Krisma.

Senada dengan Krisma, Azis Lonthor salah satu orator aksi juga mengancam jika ini merupakan upaya pemerintah melakukan pelemahan sistem. Apabila tuntutan para mahasiswa tidak dikabulkan maka demo yang lebih besar akan dilakukan di kemudian hari.

“Jika tuntutan kami tidak dikabulkan, maka akan lebih banyak mahasiswa yang akan turun ke jalan menuntut hal ini,” tegas Azis.

Setelah beberapa orasi yang dilakukan oleh mahasiswa, akhirnya perwakilan anggota dewan menemui beberapa pendemo di dalam gedung DPRD Kota Kediri untuk membahas tuntutan yang dilayangkan.

Tak lama berselang setelah melakukan audiensi, para perwakilan mahasiswa keluar dengan sepucuk surat yang berisi anggota dewan menyetujui tuntutan yang dilayangkan dan akan segera membahas dan menyuarakan ke DPR-RI.

“Aspirasi mereka ini sejalan dengan kita anggota dewan. Tindak lanjut pasti kita akan meneruskan ke pusat dan pasti sesegera mungkin akan kita paripurnakan dan kita sampaikan ke DPR RI melewati pembahasan khusus pasti.” Kata Sujoko Hadi Ketua Fraksi PDIP kota Kediri.

Setelah tuntutan disetujui, akhirnya para mahasiswa membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke kampus masing-masing.

Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019