Sulit Aktifkan Jaminan Kesehatan, Warga di Takalar Meninggal Dunia

oleh -
Sulit Aktifkan Jaminan Kesehatan, Warga di Takalar Meninggal Dunia
Salah satu anak Hajira daeng Kanang.
Loading...

CAKRAWALAINFO.id, TAKALAR Seorang wanita lanjut usia atau Lansia berusia 60 tahun di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan meninggal dunia, karena tidak mampu membayar biaya jaminan kesehatan perobatan.

Wanita yang berusia 60 tahun bernama Hajira Daeng Kanang merupakan warga Kampung Beru, Desa Aeng Batu Batu, Kecamatan Galesong Utara. Dirinya tak bisa berobat meski memiliki kartu jaminan kesehatan.

Hal itu diungkapkan salah seorang menantunya, Aisya Ratu mengatakan korban memiliki kartu jaminan kesehatan (BPJS) dari pemerintah, namun naasnya kartu tersebut malah tidak aktif.

“Ini (Jamkesmas, red) dikasih masuk di komputer, dia terbaca bilang tidak ditanggung lagi, memang dia (almarhum) terdaftar namanya dan saya sudah laporkan itu,

Dia bilang tidak adami itu gratis ke Mandiri ki dulu uruski, membayarki itu,” katanya, Selasa (03/08/2019).

Pihak keluarganya mengaku telah mengajukan jaminan kesehatannya di salah satu Rumah Sakit di Kota Makassar.

Naasnya setelah di cek jaminan itu tak lagi aktif.

“Itu karena tidak aktif jadi saya simpan jaminan disitu, setelah itu saya ke Takalar urus BPJS, katanya aktifji namanya tapi memang harus membayar, tidak aktifmi yang tujuh ratus,” tambah Aisya Ratu.

Ia juga mengaku, pengajuan mengaktifkan jaminan kesehatan program milik pemerintah itu diberi tenggakan waktu tunggu selama 14 hari.

“Almarhum dikeluarkan dari RS itu karena biaya, dan kami bayar itu selama lima hari di dalam kurang lebih dua juta,” tukasnya.

Menantu alamrhum ini merasa keberatan akibat dampak jaminan kesehatan yang semakin menjangkit peningkatan.

“Berat, karena kita nelayan kadang ada, kadang tidak (biaya hidup, red),” pungkasnya.

Diketahui korban mengalami penyakit komplikasi, dan telah di kebumikan oleh keluarganya pada Minggu 01 September 2019 lalu.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Loading...