Sebuah Disertasi ‘Seks Tanpa Menikah Halal’ di UIN Sunan Kalijaga

thumbnail

CAKRAWALAINFO.id, JOGJA – Polemik disertasi berhubungan badan laiknya suami istri Agama Islam melarang dengan tegas perihal itu dilakukan di luar pernikahan.

Dengan melakukan hubungan intim lawan jenis, Islam mempertegas hal itu adalah salah satu zina yang paling keji. Hukum itu berlaku dan dipahami seluruh umat muslim di dunia. Terlebih agama lain juga memberlakukan hal yang sama.

Belakangan ini, polemik publik menjadi sorotan perbincangan sebuah disertasi di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, memaparkan sebaliknya, seks tanpa celah di mana hubungan seks tanpa menikah atau non marital bisa dianggap halal baginya.

Disertasi yang berjudul “Konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Non Marital” itu disusun oleh Abdul Azis, pengajar di UIN Surakarta.

Cakrawalainfo.id melansir VOA, Abdul Azis menjelaskan, hubungan seks di luar nikah bisa dianggap halal menurut konsep Muhammad Syahrur, apabila memenuhi empat syarat.

“Jadi hubungan seksual non marital boleh, dengan catatan tidak dilakukan di tempat terbuka. Tidak dengan perempuan bersuami. Kemudian bukan secara homo dan bukan inses. Selebihnya boleh,” kata Abdul Azis.

Diketahui, Muhammad Syahrur adalah pemikir Islam dari Suriah. Konsep itu merupakan salah satu buah pikirannya, yang didasari keinginan menempatkan hubungan seks sebagai bagian dari hak asasi manusia.

Karena itu, menurut Syahrur, seseorang tidak boleh dihukum hanya karena melakukan hubungan seks tanpa ikatan pernikahan.

Editor : Ibnu Gaffar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Back To Top