Satu Satunya Di Indonesia Timur, Seorang Dosen Swasta Berhasil Meraih Status Google for Education Certified Trainer.

oleh -

CAKRAWALAINFO.id, MAKASSAR — Melalui mekanisme dan seleksi yang ketat oleh tim khusus dari Google, seorang staf pengajar di Unismuh Makassar dinyatakan berhak menyandang status Google for Education Certified Trainer atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pelatih tersertifikasi oleh Google untuk pendidikan, Makassar Sulawesi Selatan (2/1/2020)

 

Dia adalah Muhammad Zia ul Haq, M.TI yang juga alumnus dari program pascasarjana Teknik Informatika Binus Jakarta dengan predikat Cumlaude, menjadi satu-satunya pelatih yang tersertifikasi Google dari Indonesia Timur. Sementara 9 pelatih lainnya tersebar di Jakarta, Bandung, Jogjakarta dan Surabaya.

Untuk mencapai predikat certified trainer, seorang harus melalui beberapa tahapan diantaranya; harus memiliki status Google Certified Educator, lulus pada seluruh materi training yang disediakan Google, lulus ujian yang diawasi oleh satu proktor untuk 1 peserta dan terakhir lulus wawancara dan portfolio yang direview langsung oleh tim khusus yang ditunjuk Google. Semua materi dan ujian serta tahapan yang ada, sementara ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Sayangnya pencapaian seperti ini, belum terlalu dilirik oleh masyarakat, selain karena persoalan bahasa dan sulitnya materi pelatihan ujian dan kualifikasinya, Google sendiri tidak menyediakan tunjangan finansial secara langsung pada pihak yang telah tersertifikasi.

Ditanya mengenai motivasi yang melatari pencapaian predikat ini, Zia yang juga mantan Presiden Mahasiswa Unismuh Makassar menjawabnya santai. “Cari pengalaman dan value add, dan yang terpenting adalah ingin berkontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran digital untuk pendidikan Indonesia yang lebih maju dengan standar yang ditawarkan oleh pakar dan ahli dan perusahaan yang memiliki kredibilitas yang tinggi”, demikian ungkapnya.

Google sendiri sebagai penyedia layanan teknologi informasi terbesar di dunia, ternyata juga memiliki perhatian yang besar terhadap pengembangan pendidikan di seluruh dunia. Perusahaan yang menaungi Gmail, Google Search, Youtube, Android dan ratusan produk terkenal lainnya ini, juga memiliki produk andalan yakni Google Cloud dan G Suite. Berita baiknya untuk pendidikan, Google menyediakan G Suite yang diperuntukkan untuk pendidikan secara gratis. Produk ini memungkinkan lembaga pendidikan dan seluruh stakeholder dalam lembaga tersebut merasakan sensasi berdigital dengan dukungan layanan berlevel enterprise yang sangat handal untuk kebutuhan kolaborasi, manajemen kelas, manajemen administrasi, pengajaran, penilaian dan banyak alat dan fitur lainnya.

Disadur dari akun sosial miliknya, Muhammad Zia ul Haq juga merupakan pendiri sekaligus programmer pada salahsatu perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak dan layanan IT. Sosok yang hobi memelihara kucing ini juga memiliki catery atau rumah kucing bersertifikat CFA. Ia juga pernah mengajar di beberapa Universitas di Makassar diantaranya GCS – UNM dan UIN, namun kini semua tinggalkannya kecuali pada satu kampus yakni Universitas Muhammadiyah Makassar.

Saya dulu banyak pengalaman mengajar, tapi sekarang lebih senang bekerja dan mencari hiburan di dalam rumah, komputer dan kucing merupakan instrumen yang bisa membuat saya betah di rumah, adapun di Unismuh itu pengabdian, saya harus tetap mengabdi pada dunia pendidikan sesibuk apapun itu, karena itu amanah orang tua dan guru-guru saya dulu, demikian alasan Zia yang juga merupakan alumnus Gontor.

Saat ini Zia juga mendirikan satu komunitas pendidik yang dinamainya dengan Pendidik Abad 21, lembaga nirlaba ini berfokus pada pembinaan dan pelatihan pendidik khususnya dalam penguasaan literasi informasi dan literasi digital. informasi lengkapnya dapat di akses pada web resminya https://www.edu21.id,” pungkasnyam.

Penulis : Ilham.S
Editor.   : Syam
© | CAKRAWALAINFO.id. 2020