Satlantas Polres Jeneponto Tindak 253 Pelanggaran Lalu Lintas Selama Operasi Patuh

oleh -
Kasat Lantas Polres Jeneponto AKP Ilham
Loading...

CAKRAWALAINFO.id, JENEPONTO— Sebanyak 253 tilang dilakukan kepada pelanggar lalu lintas oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jenepontoi selama melaksanakan operasi patuh 2019 yang berlangsung selama 14 hari sejak 29 Agustus hingga 11 September 2019 kemarin.

“Iya, ada sebanyak 253 tilang yang kita lakukan, selama pelaksanaan operasi patuh tahun ini. Yang dilaksanakan selama 14 hari tersebut,” kata Kasat Lantas Polres AKP Ilham ketika dikonfirmasi CakrawalaInfo.id, Jumat (13/09/2019).

Ia mengatakan, dari ratusan pelanggar yang dilakukan tilang tersebut rata-rata pelanggaran yang sudah menjadi kebiasaan. Seperti tidak menggunakan Helm, melawan arus hingga menggunakan handphone saat membawa kendaraannya.

“Adapun pelanggarannya rerata didominasi oleh, seperti tidak menggunakan helm, menggunakan handphone saat berkendara dan ada juga yang tidak menggunakan safety belt,” katanya.

Dari hal tersebut, ia mengaku bahwa memang pelanggar lalu lintas di Kabupaten Jeneponto masih cukup banyak. Dari ratusan pelangggar yang terkena razia operasi patuh itu rata-rata pengendara sepeda motor.

Ia menyebut, makanya kegiatan operasi patuh ini dengan sasaran penegakan hukum berlalu lintas bagi pelanggar aturan lalu lintas, seperti tidak ada kelengkapan alat kendaraan seperti helm pelanggaran, safety Belt, SIM, STNK, dan kesalahan-kesalahan pengendara, main handphone, tidak pakai sabuk pengaman, dan pengendara di bawah umur

“Untuk itu, operasi patuh ini lebih kepada kegiatan di bidang penegakan hukum lalu lintas dan mengingatkan agar masyarakat tetap taat aturan. Ini juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan vatalitas akibat kecelakaan lalu lintas,” kata Ilham

Ia menjelaskan, dari rangkaian kegiatan operasi patuh yang telah selesai dilaksanakan pihaknya itu. Ia tak henti-hentinya mengajak seluruh masyarakat yang ada didaerah itu untuk selalu patuh terhadap aturan berkendara demi keselamatan bersama.

“Tentu saja dari hal tersebut kita ingin menghimbau kepada masyarakat untuk selalu patuh tata tertib berlalu lintas. Baik kelengkapan kendaraan maupun kelengkapan surat-surat kendaraan, karena kecelakaan berawal dari pelanggaran lalu lintas,” katanya.

Pelangaran lalu lintas selama operasi patuh dilaksanakan yaitu yang dijeneponto dengan rincian Sebagai berikut :

Tilang sebanyak 253,
Teguran 35 dengan rincian :

Sepeda Motor 172 unit, Helm 51, dibawah umur 17 orang dan surat-surat 104

Mobil 83, Safety belt 55, Gun HP 2, surat-surat 26
sedangkan BB yang disita
SIM 47,  STNK 171 dan sepeda motor 36 unit sedangkan mobil nihil, “Pungkas AKP Ilham.

Penulis : Ibnu Gaffar
Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Loading...