Santap Hidangan Hajatan, Puluhan Warga Pulau di Takalar Keracunan Massal

oleh -
Santap Hidangan Hajatan, Puluhan Warga Pulau di Takalar Keracunan Massal
Seorang warga yang mengalami keracunan massal.

CAKRAWALAINFO.id, TAKALAR Warga Pulau Tanakeke diduga mengalami keracunan massal, usai menyantap hidangan yang disediakan pemilik pesta Hajatan.

Setidaknya puluhan yang merupakan warga Dusun Labanggori Desa Balangdatu, Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan mengalami keracunan massal.

 

Baca juga : Ratusan Mahasiswa UMI Makassar Unjuk Rasa, Tuntut Jokowi Mundur

 

Diketahui pemilik pesta hajatan itu bernama Daeng Rasid, banyaknya para tamu undangan dikabarkan mengalami sakit kepala, mual, hingga muntah-muntah.

Kepala Desa Rewataya Tallasa Bombong mengatakan, sebanyak 18 orang yang mengalami mual, sakit kepala, dan muntah-muntah usai menyantap makanan yang disediakan oleh keluarga pengantin perempuan.

Selain itu, puluhan warga dar Desa Balangdatu juga mengalami hal yang serupa.

“Sebanyak 18 orang warga saya, dan 85 orang dari warga Desa balangdatu juga diduga mengalami keracunan makanan, tapi alhamdulillah semuanya sudah membaik setelah mendapatkan perawatan medis oleh petugas Pustu di Pulau” kata Kades Rewataya.

Terpisah, Plt Kepala Desa Balangdatu Rustam Sila mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden kejadian dugaan keracunan massal ini.

Semua warga yang mengalami keracunan sudah dipastikan telag membaik setelah mendapatkan pertolongan medis dari petugas medis Puskesmas Pembantu (Pustu) setempat.

“Alhamdulillah, tidak adaji korban dalam kejadian dugaan keracunan makanan di acara pesta Daeng Rasid. dan semua masyarakat, Baik warga Desa Balangdatu maupun pengantar Pengantin laki laki dari Desa Rewataya sudah membaik,” kata Rustam Sila.

 

Baca juga : HPMT Bergerak, Serukan Seluruh Almamater Duduki Kantor DPRD

 

Sementara Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Takalar, dr. Nilal Fauziah yang dikonfirmasi membenarkan adanya puluhan warga Pulau Tanakeke mengalami dugaan keracunan massal usai menyantap hidangan di salah satu tempat pesta.

“Kami belum mengatahui secara pasti penyebab warga pulau yang mengalami mual, sakit perut, dan muntah muntah. tapi info sementara yang kami dapatkan mereka semua baru saja menghadiri hajatan yang dilaksanakan salah seorang warga di Pulau Tanakeke, kemungkinan insiden ini karena ada makanan yang terkontaminasi bakteri” ungkap Kadinkes Takalar.

Mendengar insiden tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Takalar langsung mengerahkan sejumlah tenaga medis dari Puskesmas Mappakasunggu.

Hingga malam ini, Senin (23/09/2019) plt. Kades Balangdatu bersama petugas Pustu dan kader Desa Balangdatu.

Itu untuk terus bertindak dari rumah ke rumah, itu guna menangani pasien sekaligus membawakan logistik.

Namun, seorang balita dari Dusun Balangloe terpaksa dirujuk ke RSUD Takalar sore tadi, lantaran balita tersebut dikabarkan juga mengidap penyakit lain selain mengalami keracunan pada makanan yang disantapkan keluarganya.

Penulis : Zainuddin
Editor : Ibnu Gaffar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019