Saintek dan Mapalasta UIN Makassar Terlibat Bentrok, Ini Pemicunya!

oleh -
Mahasiswa terlibat bentrok
Beberapa Mahasiswa UIN Alauddin Makassar saat bentrok berlangsung, Senin (30/09/2019).

CAKRAWALAINFO.id, GOWA — Puluhan mahasiswa terlibat aksi bentrok UIN, bahkan saling lempar batu antar mahasiswa se-Universitasnya.

Insiden bentrok itu terjadi di kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, di Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Senin (30/09/2019).

Bentrokan sesama mahasiswa itu berlangsung sekiranya pada sejak pukul 16.30, hingga pukul 17.30 Wita petang tadi.

Konflik ini dipicu dendam lama antar organisasi. Yakni, Mahasiswa Pecinta Alam Sultan Alauddin (Mapalasta) dengan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN AM.

Ungkapan salah seorang satpam Kampus Abdul Rahim, perkelahian puluhan mahasiswa tersebut kerap terjadi. Dan persoalan tersebut kembali memanas pada sore tadi. Saat itu, mahasiswa Saintek bertemu dengan mahasiswa Mapalasta di suatu wilayah kampus di Kelurahan Samata tersebut.

“Bentrok ini memang sudah menjadi dendam lama antar keduanya. Awalnya, mahasiswa Saintek bertemu dengan mahasiswa Mapalasta dengan maksud ingin berdamai. Namun, mahasiswa Mapalasta tidak mau menerima permintaan maafnya. Akhirnya, salah satu mahasiswa dikeroyok dan terjadilah bentrok di lapangan kampus ini,” ucapnya.

Bentrokan tak terhindarkan, hingga dua kelompok mahasiswa tersebut berlarian dan mengejar satu sama lain.

Dalm bentrok mahasiswa ini beberapa alat juga digunakan berupa bambu panjang dan salaing serang menggunakan batu.

Mahasiswa yang berada di sekitar lokasi bentrok tersebut menjadi bahan tontonan di sore hari yang mengakibatkan arus lalu lintas dalam kampus menjadi lumpuh.

“Sedikitnya, dua mahasiswa dari Saintek terkena lemparan batu dan dilarikan ke Puskesmas Samata untuk di rawat. Namun telah dirujuk ke RSUD Syekh Yusuf,” terang salah satu mahasiswa di Puskesmas yang enggan dimediakan.

Beruntung, situasi di kampus negeri kini telah aman dan kondusif. Aparat kepolisian dari Mapolsek Somba Opu dikerahkan dan tiba di lokasi.

Tampak belasan rekan mahasiswa masih berada di sekitar Puskesmas tersebut guna menunggu kabar dari mahasiswa lainnya yang terkena luka akibat bentrok tersebut.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019