Ratusan Korban KM Santika Nusantara Akan Dipulangkan

oleh -
tangkapan layar video
tangkapan layar video

CAKRAWALAINFO.id, SUMENEP – Ratusan korban selamat dalam insiden kebakaran KM Santika Nusantara di Perairan Pulau Masalembu, Sumenep, Madura, akan dipulangkan ke rumah masing-masing. Sebanyak 161 penumpang kapal tersebut akan diangkut dua bus, yang disediakan operator kapal. 

Korban selamat berhasil dievakuasi oleh petugas melalui tiga pelabuhan. Masing-masing ke Pelabuhan Masalembo, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Rencananya para kobran akan dijemput dua bus yang didatangkan dari pihak perusahaan KM Santika Nusantara. Tentunya setelah dilakukan pendataan secara lengkap di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Pihak perusahaan sanggup untk memfasilitas kepulangan para korban yang kita tampung di rumah singgah dinas sosial terlebih dahulu,” ujar Kepala BPBD Sumenep Abdul Rachman, Sabtu (24/8/2019).

Pihaknya berharap pemulangan penumpang KM Santika Nusantara bisa dilakukan paling lambat besok, Minggu (25/8/2019). 

“Mudah-mudahan besok pagi sudah bisa dipulangkan. Informasinya kalau jumlahnya 89 kemungkinan ada dua bus yang disiapkan oleh perusahaan,” pungkasnya dikutip detikcom.

Ratusan korban KM Santika Nusantara yang terbakar di Pulau Masalembu Kabupaten Sumenep, berhasil selamat setelah menaiki sekoci kapal dan terapung selama empat jam di laut. Mereka diselamatkan kapal nelayan. Total yang selamat sebanyak 161 penumpang. 

Penumpang yang selamat tersebut diangkut oleh KM Putera Tunggal 8, melalui Pelabuhan Kalianget Sumenep. Mereka langsung mendapatkan perawatan medis karena sebagian mereka mengalami luka-luka.

Diketahui, Kapal Motor Santika Nusantara dilaporkan terbakar di perairan Masalembo pada Kamis (22/8) pukul 20.45 WIB, saat berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kapal penumpang jenis roro itu mengangkut 84 kendaraan serta ratusan orang yang terdiri atas penumpang dan anak buah kapal (ABK).

Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019