Puluhan Jurnalis Bantaeng Menggelar Aksi Solidaritas

oleh -

CAKRAWALAINFO.id,BANTAENG-Puluhan jurnalis Bantaeng dari berbagai media cetak dan online, melakukan aksi damai di halaman Kantor Polres Bantaeng Sulawesi Selatan, Kamis, 26/9/2019.

Gabungan aksi damai solidaritas Kabupaten Bantaeng, mengecam tindakan oknum aparat kepolisian membabi buta mencedarai beberapa jurnalis saat menjalankan tugasnya peliputan aksi demostrasi Mahasiswa yang terjadi baru-baru ini makassar.

Dalam aksinya beberapa orator mengatakan, mengecam tindakan oknum polisi yang melakukan pengeroyakan terhadap beberapa jatuh korban Jurnalis dimakassar.

Para Jurnalis Bantaeng meminta kepada Kapolres Bantaeng AKBP Adip Rojikan, sebagai perpanjangan tangan untuk menindaklanjuti oknum polisi pelaku penganiayaan alias pengeroyokan terhadap beberapa pekerja jurnalis di Makassar.

Aksi solidaritas jurnalis ini,  dinahkodai Jenderal lapangan Alimin, yang mengatakan para jurnalis yang ikut adalah dorongan hati nurani selaku pekerja jurnalis.

“Kami mendesak Kapolres Bantaeng, Kapoda Sul-Sel, dan Kapolri, menindak tegas oknum polisi yang telah melakukan tindakan kekerasan terhadap 3 wartawan di Makassar, Oknum polisi telah  melakukan tindakan tidak manusiawi terhadap mitra kerjanya,” tegas Alimin

Alimin berharap agar di Kabupaten Bantaeng  tidak terjadi tindakan yang melanggar hukum seperti yang terjadi di Makassar pada 24 September 2019.

“Dalam melaksanakan tugasnya, Wartawan dilindungi UU Pers nomo 40 Tahun 1999, siapapun yang menghalangi tugas Jurnalis dipenjara 2 tahun dan denda 200 juta,” ungkap Alimin.

Para peserta aksi memakai tanda pita merah yang dipasang dilengan baju dan menaburkan bunga saat melakukan aksinya, mempertanda rasa solidaritas terhadap rekan jurnalis yang teraniaya oleh oknum polisi di Makassar.

Sementara, Kabag Sumber Daya (Sumda) AKP Kuswanto, mewakili Polres Bantaeng menyambut baik para aksi unjuk rasa.

“Kami atas nama Kapolres Bantaeng, meminta maaf yang sebesar-besarnya atas insiden ini dan berjanji menindaklanjuti aspirasi para rekan Jurnalis Bantaeng, diketahui bahwa insiden yang terjadi dugaan pengeroyokan Jurnalis di Makassar dalam proses penanganan Polda Sul-Sel. Polres Bantaeng tetap menindaklajutinya,”ungkap Kuswanto.