Polres Jeneponto Gelar Apel Operasi Zebra 2019, Ini Tujuannya

thumbnail

CAKRAWALAINFO.id, JENEPONTO— Polres Jeneponto menggelar Apel Gelar pasukan Operasi Zebra 2019 dalam rangka Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan Kamseltibcarlantas.

Kegiatan apel tersebut diikuti oleh 1 peleton TNI, Polres 4 peleton, Dishub 1 peleton, dan Diskes 1 regu di lapangan Apel Polres Jeneponto, Jl. Sultan Hasanuddin, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Rabu, (23/10/2019).

Kapores Jeneponto AKBP Ferdiansyah menyampaikan kepada seluruh stakeholder, agar mempersiapkan antisipasi untuk meminimalisir akan potensi pelanggaran. Mengingatkan ada beberapa sasaran prioritas penindakan yang berpotensi sebabkan kecelakaan.

Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, moderenisasi ini perlu diikuti inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut,”Ucapnya.

Selain itu Kapolres Jeneponto juga menyampaikan program Nawacita Presiden RI yang menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap Bangsa dari salah satu Nawacita Presiden RI ini dijabarkan dengan sebelas program prioritas Kapolri yaitu dalam pelaksanaan tugas Kepolisian diimplementasikan dengan kehadiran anggota Polri ditengah-tengah masyarakat dimana korlantas Polri menjabarkan program ke sebelas angka ke enam yaitu Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas dalam konteks ini Lalu Lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,”Tambahnya.

“Sasaran mengemudi menggunakan handphone, lawan arus, sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan yang berboncengan tidak menggunakan helm SNI, mengemudi menggunakan narkoba atau mabuk, dan mengemudi dengan kecepatan yang berlebih,” katanya saat memimpin apel di Polres Jeneponto.

Data jumlah lakalantas operasi zebra tahun 2018 kata Ferdiansyah sebenyak 114 kejadian secara kuantitas mengalami penurunan 0,87 % kejadian dibandingkan priode yang sama tahun 2017 sebanyak 115 kejadian. Selanjutnya jumlah korban meninggal dunia operasi zebra tahun 2018 sebanyak 14 orang mengalami peningkatan sebanyak 2 orang atau 16,67 % dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 12 orang, jumlah pelanggaran lalu lintas operasi zebra tahun 2018 sejumlah 17.061 pelanggaran.

Polri telah menetapkan kalender Operasi Zebra yang rutin dilaksanakan setiap menjelang hari natal dan tahun baru namun untuk Operasi Zebra tahun 2019, merupakan operasi cipta kondisi pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 dan akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai tanggal 23 Oktober 2019 sampai dengan 05 November 2019 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Gelar operasi zebra ini bertujuan untuk meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir kecelakaan lalu lintas, meningkatkan citra positif pada polri, serta terwujudnya keamanan, keselamatan, dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamaeltibcar lantas) jelang Natal 2019 dan tahun baru 2020.

“Dalam mengatasi permasalahan di dalam lalu lintas tersebut tidak bisa berdiam diri melainkan wajib bertindak, lakukan berbagai upaya. Dalam hal ini menciptakan pemerintahan yang bertanggung jawab dalam membina kamaeltibcar lantas, dengan memberdayakan seluruh stakeholder,” ujarnya.

Ferdi menekankan pedoman agar kepolisian lalu lintas dapat melaksanakan tugas operasi zebra dengan profesional.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tunjukan bahwa anda adalah polantas yang profesional. Bagi pimpinan lakukan juga pengawasan agar tidak dicederai tindakan tidak terpuji,” ujarnya.

Hadir dalam apel tersebut wakil Bupati Jeneponto H. Paris Yasir, Ketua DPRD Kabupaten Jeneponto HJ. Salmawati, Ketua PN Jeneponto Arief Karyadi, Kajari Jeneponto Ramadyagus, Wakapolres Jeneponto Kompol Marikar, Dandim 1425 Jeneponto yang diwakili oleh Danramil Binamu Kapten Muh. Amin, Para PJU Polres Jeneponto, para Kapolsek. dan para perwira Polres Jeneponto.

Penulis : Ibnu Gaffar
Editor   : Ig
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Back To Top