Polres Gowa ‘Tembak’ Pelaku Sindikat Curnak Milik Anggota Dewan Amir Uskara

thumbnail

CAKRAWALAINFO.id, GOWA – Pelaku Pencurian Ternak (Curnak) terpaksa dilumpuhkan kedua kakinya. Salah satu diantaranya penjaga kandang sapi terlibat Curnak sapi milik anggota dewan RI, Amir Uskara.

Kedua kakinya terpaksa dilumpuhkan setelah sekian lama menjadi buronan polisi.

Ditangan polisi, pelaku bernama Daha daeng Ngempo (45) terbilang sadis. Komplotan Curnak ini telah melakukan aksinya sejak tahun 2018 lalu.

 

Baca juga : Karyawan Bengkel Spesialis Pembobol Rumah di Gowa Ditembak, 1 DPO

 

“Pelaku Daha daeng Ngempo ditembak, ia tersandung dalam kasus tindak pidana pencurian ternak,” kata Tambunan saat ditemui di Mapolres Gowa, Kamis (17/10/2019).

Pelaku yang dibekuk ternyata komplotan tindak pidana curnak milik anggota dewan Amir Uskara yang kerap melancarkan aksinya di beberapa wilayah Hukum Polres Gowa.

Bahkan penjaga kandang sapi milik anggota DPR-RI Amir Uskara masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) berinisial DT.

Para komplotan ini berjumlah sebanyak lima orang, tapi satu diantaranya telah meninggal dunia yakni, Daeng Mone.

“Daeng Mone (DM) salah satu komplotan curnak, ia ditindak tegas hingga meninggal dunia pada tanggal 11 Agustus 2018 lalu,” tutur Tambunan.

 

Baca juga : Keren! Komunitas Pasar Minasa Maupa Berbagi Untuk Papua dan Maluku

 

Komplotan pelaku ini diketahui sebanyak 5 orang termasuk Daeng Mone yang tewas. Mereka yakni, Daha daeng Ngempo warga Takalar, ST (DPO) seorang pedagang sapi juga warga Takalar berperan sebagai pemetik.

Sementara DT (DPO) penjaga kandang sapi warga Gowa milik Amir Uskara, dan juga Suman daeng Ngalle juga salah satu warga Takalar.

“Suman daeng Ngalle saat ini tengah menjalani proses hukum, juga dirinya sebagai sopir. Sementara Daha daeng Ngempo yang ditindak tegas ini juga berperan sebagai Joki,” pungkas Tambunan.

Saat pelaku melancarkan aksi curnaknya, para pelaku ini bekerja sama dengan cara mencekik leher sapi lalu kemudian dinaikkan ke atas mobil pikap.

 

Baca juga : Pebalap Liar di Gowa Resahkan Warga, Subnit 2 Turjawali Gelar Cipkon

 

Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita satu unit mobil merk Mitsubishi L300 warna hitam dengan plat 8361 M, itu untuk mengangkut sapi hasil curnaknya. Serta satu utas tali turut diamankan.

“Untuk para pelaku yang saat ini masih DPO agar segera menyerahkan diri kepada polisi. Sementara pelaku kami kenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara dan Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” terang tambunan.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor   : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Back To Top