Perkara Tajul Khalwatiyah Sesat, Polres Gowa Berhasil Razia GMBI

oleh -
Perkara Tajul Khalwatiyah Sesat, Polres Gowa Berhasil Razia GMBI
Salah satu anggota LSM GMBI

CAKRAWALAINFO.id, GOWA — Kepolisian Polres Gowa menggelar razia terhadap puluhan orang yang tergabung dalam satuan organisasi kemasyarakatan. Ormas itu adalah Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Ormas ini diduga tameng sekaligus kuat dugaanpengikut aliran sesat Tarekat Tajul Khalwatiyah Syech Yusuf Gowa.

“Kita lakukan razia untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi yang mendatangi Polres Gowa,” kata Wakapolres Gowa, Kompol Muh Fajri saat dihubungi Cakrawalainfon.id, Jumat (20/09/2019).

 

 

Baca juga : 4 Jam Rumah Maha Guru Tarekat Khalwatiyah Gowa Digeledah Polisi

 

 

Kedatangan puluhan LSM GMBI ini ke Polres Gowa untuk mempertanyakan persoalan penggeledahan rumah milik pimpinan, Puang La’lang beberapa waktu lalu.

“Dengan adanya razia, satu orang diantaranya terpaksa diamankan lantaran membawa senjata tajam di dalam tasnya,” kata dia.

Tak hanya itu, beberapa orang juga berusaha melawan saat pihaknya dirazia polisi, hingga akhirnya saling beradu mulut.

“Sebelumnya, penggeledahan dilakukan itu di rumah Puang La’lang, lantaran itu ketua MUI Gowa resmi melaporkan adanya dugaan penistaan agama,” terangnya.

Polisi kini masih melakukan penyelidikan mendalam, dengan memeriksa sejumlah saksi-saksi untuk dimintai keterangan.

“Atas kasus ini penganut Tajul Khalwatiyah Gowa sebenarnya sudah menyimpang dari aturan agama. Sebelumnya sejumlah barang-barang di kediaman PL ini telah disita penyidik,” imbuhnya.

Sebelumnya, penganut Tajul Khalwatiyah Syech Yusuf Gowa ini dilaporkan penistaan Agama oleh Majelis Ulama Islam (MUI) Kabupaten Gowa.

“Hari ini Polres Gowa melakukan komunikasi dengan bapak Andi Mappasaguni dan beberapa orang pengikut Puang La’lang, dalam konteks ini.

Rangkaian kegiatan ini adalah kegiatan penggeledahan yang sudah mendapatkan ijin dari pengadilan Negeri Sungguminasa,” kata Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga. Sabtu (14/09/19) lalu.

 

 

Baca juga : Aliran Sesat, Polisi Geledah Rumah Maha Guru Tarekat Khalwatiyah Gowa

 

 

 

Penggeledahan yang dilakukan penyidik Polres Gowa, melibatkan ratusan personel gabungan terdiri dari Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Shabara, dalam hal ini untuk menjaga keamanan dan sterilisasi lokasi dilakukannya penggeledahan

“Berdasarkan laporan oleh Ketua MUI Kabupaten Gowa, pada tanggal 11 September 2019, maka kami lakukan komunikasi dengan PN Sungguminasa, untuk meminta persetujuan penggeledahan,” ungkap Kapolres.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ibnu Gaffar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019