PB HMI Serukan HMI Cabang se-Indonesia Demo Tolak Revisi UU KPK

oleh -
Gedung PB HMI
Gedung PB HMI

CAKRAWALAINFO.id, JAKARTA Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam atau PB HMI menyerukan aksi penolakan revisi  UU KPK.

Aksi tolak besar-besaran revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi yang disahkan DPR.

Ketua Umum PB HMI Zuhad Aji Firmantoro menuturkan, pengurus HMI di sejumlah daerah sudah diperintahkan agar menggelar aksi demonstrasi apabila revisi undang-undang tersebut sudah disahkan.

“Ke depan atau hari ini juga, sudah kami mulai menyerukan kepada cabang-cabang (HMI) untuk melakukan demonstrasi di wilayah masing-masing,” kata Zuhad, Selasa (17/9) dilansir Kompascom.

Penolakan lantaran proses revisi itu dinilai janggal, mendadak, tergesa-gesa dan seolah-olah tidak mempertimbangkan aspirasi publik.

Di samping itu, PB HMI juga mempertanyakan motivasi revisi UU KPK. Sebab, menurut Zuhad, KPK tidak memiliki catatan melakukan tindakan penyalahgunaan wewenang yang fatal sehingga revisi UU KPK dinilai bukan hal yang mendesak.

“Sebuah undang-undang wajar dilakukan perubahan dan sangat dibolehkan, tetapi melihat prosesnya yang terjadi sekarang kami nilai ada kejanggalan,” ujar Zuhad.

Sementara Dewan Perwakilan Rakyat telah mengesahkan revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi. Pengesahan dilakukan dalam rapat paripurna pada Selasa (17/9/2019).

Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019