Pakistan Diguncang Gempa, Sejumlah Gedung Rusak, Jalanan Retak

oleh -
Gempa
Tangkapan layar video CNN

CAKRAWALAINFO.id, PAKISTAN – Sedikitnya 19 orang tewas dan 300 lainnya luka-luka setelah gempa bumi mengguncang wilayah Pakistan timur laut.

Gempa magnitudo berkekuata 5,2 ini menyebabkan sejumlah bangunan-bangunan rusak dan jalan-jalan retak.

Gempai ini menyebabkan orang-orang di kota Lahore dan Islamabad berlarian ke jalan. Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS menyatakan, pusat gempa berada di dekat kota Mirpur, Kashmir, sekitar 20 kilometer utara Jhelum di provinsi Punjab.

Di desa Sahankikri, pinggiran Mirpur, warga setempat mengatakan bahwa hampir keseluruhan 400 rumah di desa tersebut rusak akibat gempa.

Kami tak punya tempat berteduh sekarang,” kata seorang warga, Shamraiz Akhtar seperti dilansir berita AFP, Rabu (25/9/2019).

“Saya tidak akan pernah mengabaikan suara mengerikan dari gempa,” ujar warga lainnya, Muhammad Ramzan, mengatakan kepada AFP. “Sepertinya seluruh desa terlempar dan berbalik dan berputar,” imbuhnya.

“Sedikitnya 19 orang tewas dan lebih dari 300 orang luka-luka,” ujar Sardar Gulfaraz, wakil inspektur jenderal kepolisian di Mirpur. Namun pejabat Kashmir lainnya, Ahmed Raza Qadri, menyebut korban tewas sebanyak 20 orang.

Getaran gempa ini dikabarkan terasa hingga ke New Delhi, India. Media lokal Press Trust of India melaporkan, orang-orang yang panik keluar dari rumah-rumah mereka dan kantor-kantor di sejumlah tempat, termasuk di Rajasthan, Punjab, dan Haryana.

“Gempa tersebut dirasakan namun tak ada laporan kerusakan,” tutur Amir Ali dari departemen manajemen bencana di bagian wilayah Kashmir yang dikuasai India.

Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019