Mulai Dibersihkan, Wisata Kawah Ijen Akan Dibuka Kembali

oleh -
Mulai Dibersihkan, Wisata Kawah Ijen Akan Dibuka Kembali
Pengunjung saat tiba di Kawah Ijen |

CAKRAWALAINFO.id, BANYUWANGI – Kebakaran hutan di sekitar Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen sudah dipastikan padam. Pihak pengelola melakukan evaluasi lapangan dalam rencana dibuka kembalinya destinasi wisata Blue Fire Kawah Ijen.

Seperti pantauan detikcom di lapangan, petugas gabungan dari TNI, Polri, BKSDA Wilayah V Jawa Timur dan para relawan melakukan pembersihan ranting dan batang pohon. Aksi bersih-bersih digelar mulai Paltuding hingga Pondok Bunder.

 

Baca juga : Imbas Karhutla, Banyak Satwa Turun Gunung di Kawah Ijen dan Gunung Ranti

“Sejak pagi kita lakukan evaluasi lapangan untuk jalur wisata. Kita lakukan pembersihan jika nantinya dibuka untuk wisata kembali,” ujar Sigit Haribowo, Kepala Pos TWA Kawah Ijen, Ahad (3/11/2019).

Hingga saat ini, kata Sigit, TWA wisata ini masih ditutup untuk kunjungan wisata. Ini sesuai dengan status tanggap darurat Kebakaran Hutan (Karhutla) yang ditetapkan oleh Pemkab Banyuwangi.

“Terakhir tanggap darurat sampai besok Senin (4/11). Kita lakukan evaluasi ini kemudian hasilnya akan kita laporkan kepada Dandim 0825 Banyuwangi selaku K Tanggap Darurat Kebakaran Hutan,” tambahnya.

 

Baca juga : Terjebak Api Selama 24 Jam, Empat Pendaki Gunung Ranti Dievakuasi

 

Kebakaran hutan di TWA Kawah Ijen sudah padam beberapa waktu yang lalu. Bahkan, kata Sigit, pihaknya telah menggelar syukuran dengan menggelar selametan bersama dengan penambang dan relawan di sekitar Paltuding Ijen.

“Kita lakukan selamatan pada Jumat (1/11). Siang hingga Sabtu dini hari sudah turun hujan dengan intensitas lebat. Alhamdulillah doa kami dikabulkan,” pungkasnya.

Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019