Mudahkan Perencanaan Pembangunan Desa, Sejumlah Desa di Takalar Gunakan SID

oleh -
Permudah perencanaan pembangunan Desa, Beberapa Desa di Takalar gunakan SID
Loading...

CAKRAWALAINFO.id,TAKALAR-Untuk lebih mempermudah merencanakan pembangunan Desa, maka tahun ini beberapa Desa di kabupaten Takalar telah memprogramkan dan melaksanakan kegiatan Sistim Informasi Desa (SID) yang anggarannya melalui Anggaran Dana Desa (ADD) Ta.2019.

Kordinator lapangan Program Geospasial Sukirman Mapparenta mengatakan, sistim Informasi Desa (SID) adalah merupakan salah satu program yang telah di amanat kan oleh Undang Undang Desa No.6 tahun 2014, Undang undang No.4 tahun 2011 tentang IG, Perpres no.9 tahun 2016 tentang percepatan Kebijakan Satu Peta (KSP), sehingga tahun ini kami mengusulkan pelaksanaa ini ke beberapa Desa di Kabupaten Takalar yang mana anggarannya bersumber dari Anggaran Dana Desa.

“program ini adalah sebuah data dasar desa yang harus digunakan oleh setiap Desa dalam merencanakan pembangunan Desa yang pelaksanaannya sesuai dengan amanat Undang Undang Desa No.6 tahun 2014, Undang undang No.4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG), dan Perpres no.9 tahun 2016 tentang percepatan Kebijakan Satu Peta (KSP),” Kata Sukirman Mapparenta, Sabtu, (19/10/2019).

Dia menambahkan, tambahkannya, program Geospasial ini data disajikan berupa sejauh mana tingkat keberhasilan pembangunan di desa, diantaranya, infrastrukur Dasar, jaringan jalan, disajikaan juga citra satelite, peta wilayah administrasi Desa, sebaran penduduk, hingga peta sebaran pontensi lahan di Desa.

“Desa lebih mudah merencanakan pembangunannya di semua sektor karena luas lahan pertanian, luas lahan perkebunan, tambak. Serta diketahui dalam ukuran per hektar, jaringan jalan mana yang mesti dibenahi dan dibangun juga sudah diketahui, daerah mana yang berpotensi dibangun pariwisata juga sudah bisa di identifikasi,” ungkap Sukirman.

Penulis : Redaksi
Editor.  : SR
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

loading...