Momentum Hari Kesehatan Nasional Yang Ke-55, Dinkes Jeneponto Lakukan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Bersama Anak Sekolah

oleh -
Anak sekolah antusias mengikuti gerakan cuci tangan yang dilakukan Dinas Kesehatan Jeneponto, Jumat (25/10/2019)

CAKRAWALAINFO.id, JENEPONTO— Momentum Hari Kesehatan Nasional yang ke-55, Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Bidang Kesmas seksi promosi kesehatan melakukan Gerakan Cuci tangan Pakai Sabun bersama Anak Sekolah yang tersebar di seluruh Wilayah Puskesmas Sekabupaten Jeneponto Secara serentak.

Gerakan CTPS ini adalah untuk memperingati hari Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2019 yang lalu.

Mencuci tangan merupakan salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, ada banyak penyakit yang yang dapat ditularkan melalui tangan yang kotor seperti flu, diare, dan mata merah.

Sekretaris Dinas Kesehatan Amiluddin mengatakan untuk mencegah berbagai macam penyakit ini, mencuci tangan harus dilakukan dengan langkah yang benar agar kuman berbahaya benar-benar hilang. Jika mencuci tangan dilakukan sembarangan, bakteri dan virus bisa menyerang tubuh,”Katanya.

” Mencuci tangan harus dilakukan dengan langkah yang benar agar kuman berbahaya benar hilang dan mencegah berbagai macam penyakit,”Jelas Amiluddin ke Cakrawalainfo.id, Jumat, (25/10/2019).

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Suryani menyambut baik dan berterima kasih kepada seluruh Kepala Puskesmas dan kepala sekolah yang ikut andil di dalam pelaksanaan gerakan CTPS serentak ini.

“Terima kasih banyak kepada kepala puskesmas dan staf yang ikut terlibat serta kepala sekolah dan seluruh gurunya yang ikut mensukseskan gerakan CTPS, semoga gerakan ini di jadikan Rutinitas setiap hari untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat baik disekolah maupun di Rumah Tangga,”Ucap Suryani.

Penanggung jawab UKS Dinas Kesehatan kabupaten Jeneponto Akmal menghadiri langsung CTPS di SD 213 Batubassi Kecamatan Bangkala, Jeneponto dan berharap kedepannya, Gerakan CTPS disekolah ini dimotori oleh para dokter kecil dan Kader Kesehatan Remaja yang di dampingi oleh pengelola UKS & Promkes Puskesmas dan Pembina UKS masing-masing sekolah.

Mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan sabun dan air yang mengalir. Sabun dapat membunuh kuman, sedangkan air mengalir dapat meluruhkan kuman di tangan,”Pungkasnya.

Berikut enam langkah mencuci tangan pakai sabun yang benar.

1. Telapak tangan
Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mengambil sabun dan letakkan di telapak tangan. Basahi tangan, lalu gosok telapak tangan dengan sabun.

2. Telapak punggung tangan
Setelah itu, gosok pula telap punggung tangan kanan dan kiri. Pastikan semua bagian terkena sabun.

3. Sela-sela jari
Langkah berikutnya adalah menggosok sabun ke sela-sela jari. Sela-sela jari merupakan salah satu lokasi favorit kuman bersarang, sehingga tak boleh dilupakan.

4. Punggung
Berikutnya, bersihkan punggung jari dengan gerakan saling mengunci. Gerakan ini berguna untuk memastikan kuman benar-benar mati.

5. Jempol
Bersihkan jempol kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan digosok memutar. Jempol jadi perhatian karena ibu jari ini merupakan jari yang paling aktif beraktivitas

6. Ujung jari
Bersihkan ujung jari atau bagian kuku dengan gerakan menguncup. Gerakan ini bertujuan agar kuku benar-benar bersih dan kuman yang menyelip di kuku dapat hilang.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, akhiri mencuci tangan dengan membersihkan sabun dengan air yang mengalir lalu keringkan.

Penulis : Ibnu Gaffar
Editor   : Ig
© | CAKRAWALAINFO.id 2019