Masyarakat Desa Borongloe Lakukan Aksi, Minta Pilkades Ditunda

oleh -

 

CAKRAWALAINFO.id,BANTAENG– Puluhan Masyarakat Desa Borongloe Kecamatan Pa,jukukang Kabupaten Bantaeng melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Dinas PMD Bantaeng, jalan A. Mannappiang, Kelurahan Lembang Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng m, Sulawesi Selatan, Selasa, (1/10/2019)

Unjuk Rasa dilakukan untuk menuntut keadilan terkait proses pemilihan calon Kepala Desa serentak di wilayah Kabupaten Bantaeng.

Suriyani, selaku penanggungjawab aksi,meminta kepada pemerintah Kabupaten Bantaeng, agar pelaksanaan Pilkades di Desa Borongloe Kecamatan Pa’jukukang ditunda.

“Kami minta kepada Bupati agar menunda Pilkades di Desa Borongloe Kecamatan Pa’jukukang ditunda hingga menunggu keputusan PTUN,” tegas Suriyani

Suriyani menyampaikan bahwa dirinya sudah masukkan gugatan di PTUN pada 23 September 2019 lalu.

“Kami sudah masukkan gugatan, terkait tidak lolosnya Isteri Kades Borongloe menjadi calon kepala desa, itu yang kami mempertanyakan, ada dugaan Panitia tidak adil menyeleksi calon Kades tersebut,” ungkap Suriyani.

Perwakilan pengunjuk rasa diterima oleh Kadis PMD, Chaeruddin dan Kabag Hukum Muh.Rifai Nur

Kabag Hukum Rifai menjelaskan bahwa Negara kita adalah Negara hukum, pelaksanaan seleksi calon Kades di Bantaeng telah ada penetapan, sudah sesuai prosedur.

“Seleksi sudah sesuai regulasi yang ada, dan tidak ada kata ditunda atau dibatalkan kecuali ada keputusan ingkra dari PTUN,” kata Rifai.

Menurutnya, Berdasar regulasi proses sudah berjalan melalui tahapan,”tahapan seleksi yakni, tes wawancara dan tertulis sudah dilaksanakan, yang terbagi 7 Tim seleksi, hasil dari tahapan seleksi sudah ditetapkan,” ujarnya

Hal senada juga disampaikan Kadis PMD Bantaeng, pelaksanaan susunan kepanitiaan sudah terbentuk di Pemda Bantaeng, calon Kades telah ditetapkan berdasarkan regulasi yang ada

“Terkait aspirasi pengunjuk rasa, Insya Allah Kami akan ajukan menyampaikan Ke Wabub dan Sekda,’ imbuhnya

Penulis : Supriadi
Editor   : SR
© | CAKRAWALAINFO.id 2019