Kementerian ESDM Tinjau Kelayakan PLTB Jeneponto

thumbnail

CAKRAWALAINFO.id, JENEPONTO Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Bayu atau PLTB Jeneponto, Jumat (6/9/2019).

Dalam kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Jeneponto Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana, Direktur Aneka EBT Harris, Kepala Biro Klik Agung Pribadi.

Dan Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN Persero Joko Abumanan, Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan PT. PLN (Persero) Syamsul Huda.

Serta Sekretaris Menteri ESDM, Dundi Larasati, ADC Menteri ESDM, Andik Kristiawan.

Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana datang di Jeneponto untuk memastikan PLTB Tolo 1 layak diresmikan.

“Selama tiga bulan ini produksi listriknya semakin meningkat bagus, belum ada kendala apa-apa. PLTB ini tergantung dari kondisi bertiupnya angin, itu sangat mempengaruhi produksi listrik. Itu diperuntukkan untuk teman PLN yang membalancing suplay listrik itu,” ungkapnya.

Tampak, Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir didampingi Kadis Penanamam Modal dan PTS, Mernawati menerima Dirjen Ketenagalistrikan.

Menurutnya, kalau tiba anginnya tidak bertiup kencang, pasti ada back upnya dan yang menentukan itu adalah hal cuaca.

“PLTB ini setelah 30 tahun beralih ke BOT atau menjadi milik PLN. Mereka (Vena Energy) malah malah sudah siap dan tidak usah melalui pelelangan, mereka ditunjuk langsung, segala macam persyaratan juga sudah dipenuhi, tinggal diajukan ke kita pembangunan PLTB tahap ke dua,” katanya.

Sebelum meninggalkan baling-baling 17 PLTB Tolo 1, Dirjen Kelistrikan, Rida Mulyana dan rombongan sempat mencoba motor listrik yang hanya menggunakan baterai cas dan tidak bersuara.

Penulis : Syamsuddin Malik
Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Back To Top