Kebakaran Hebat Landa TPA Sampah Tamangapa di Makassar

oleh -
Kebakaran Hebat Landa TPA Sampah Tamangapa di Makassar
Suasana lokasi TPA Sampah Tamangapa Antang terbakar | Foto : A. Syahrul Khair/Cakrawalainfo.id

CAKRAWALAINFO.id, MAKASSAR Kepulan asap yang menghitam menjadi perbincangan topik dalam insiden kebakaran yang terjadi di Kota MakassarItu karena kebakaran hebat terjadi di Tempat Pembuangan Akhir atau TPA sampah di Makassar Sulawesi Selatan, tepat di Kelurahan Antang.

Peristiwa kebakaran itu dilaporkan terjadi sejak pukul 13.30 Wita hingga saat ini yang kian meluas. Karena banyaknya sampah yang sulit terurai seperti sampah plastik.

“Kebakaran sudah sejak 2 jam lalu. Yang jelas, ini sudah 4 blok (yang terbakar),” kata Muh Hidayatullah Danru Damkar Makassar, Minggu (15/9/2019) sore.

Pantauan Cakrawalainfo.id di lokasi, warga sekitar panik dan sejumlah aktivitas pemulung menghentikan aktivitasnya.

Selain itu, ratusan ekor sapi yang kerap digembalakan di area TPA Sampah ini juga langsung dievakuasi warga.

Bahkan, satu ekor sapi dilaporkan sempat terperosok ke area dekat titik api.

“Di sini memang tempatnya sapi-sapi cari makan, kebetulan pas kita datang tadi, ada sapi terperosok ke parit dekat api, itu susah keluar,” tambah Hidayatullah.

Beruntung sapi tersebut dapat dievakuasi oleh petugas Resque Damkar yang segera menyusul ke lokasi. Sapi tersebut dievakuasi menggunakan alat berat eskavator.

“Jadi tadi ada dari tim (animal) resque kita panggil, dibantu warga dan eskavator, sambil kita siram, alhamdulillah kita evakuasi,” terangnya.

Kebakaran yang melanda TPA Tamangapa di Antang ini dikabarkan kebakaran yang paling hebat dibandng yang terjadi sebelum-sebelumnya.

Bahkan para petugas pemadam kebakaran Kota Makassar masih berusaha untuk terus melerai atau memadamkan api untuk tidak terus merambah seluas mungkin bahkan ke pemukiman warga.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019