Kebakaran Hebat Amazon Melonjak Naik 83 Persen Tahun Ini

oleh -
Hutan Amazon
Loading...

CAKRAWALAINFO.id, BRASIL – Asap tebal menutupi langit Brasil. Itu dikarenakan kebakaran hebat yang dilanda Hutan Amazon.

Oksigen yang sebelumnya dapat dihirup dengan tenang oleh masyarakat berubah drastis menjadi asap. Kepalan asap itu membuat teriknya matahari sedang panas-panasnya. Dilansir Reuters Jumat (23/8/2019).

Selama 7 hari terakhir, api terpantau ‘melahap’ hutan luas itu. Awalnya pada pekan lalu, api terlihat melumat pepohonan hanya beberapa meter dari jalan. Kini, api sudah surut ke kejauhan tapi memancarkan cahaya oranye yang tinggi.

Api tersebut menghancurkan Hutan Amazon, hutan hujan tropis terbesar di dunia yang merupakan benteng melawan perubahan iklim.

Dengan berdasarkan data dari lembaga penelitian luar angkasa Brasil, INPE, kebakaran hutan melonjak naik 83% sepanjang tahun ini.

Sementara Badan pemerintah mencatat ada 72.843 titik api, jumlah tertinggi sejak pencatatan pada 2013. Sejak Kamis pekan lalu saja, lebih dari 9.500 titik api sudah ditemukan oleh satelit.

Pada Rabu (21/8) lalu, Presiden Brasil, Jair Bolsonaro menyebut dalang dibalik peristiwa kebakaran hebat membuat marah para aktivis lingkungan.

Karena telah membuat klaim tak berdasar bahwa LSM memulai kebakaran itu. Dengan alasan Bolsonaro memotong dan untuk mereka.

Api ini mengha…

Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

loading...