Kades Boronglamu: ‘Petani di 5 Kecamatan di Jeneponto akan Terancam Gagal Panen’

  • Whatsapp

CAKRAWALAinfo.id • JENEPONTO – Kepala Desa (Kades) Boronglamu, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, Sulsel atas nama Ridwan mengaku bahwa Petani di lima wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Jeneponto, terancam gagal panen.

Hal tersebut dikarenakan irigasi yang berada di dusun Tompo Kelara, kecamatan Kelara, kabupaten Jeneponto ditutup akibat longsor.

Bacaan Lainnya

Lima wilayah kecamatan tersebut, sebagaimana yang diutarakan Ridwan yaitu, Kecamatan Batang, Kecamatan Arungkeke, Kecamatan Binamu, Kecamatan Turatea, dan Kecamatan Kelara.

Ridwan juga mengatakan bahwa “lokasi persawahan petani di lima kecamatan ini hanya mengandalkan air tada hujan untuk tanaman padinya, khsusnya di Desa Borong Lamu,” ucapnya, Jum’at (19/02/2021).

Jadi, kalau hujan tidak turun dan irigasi ini juga di tutup dari mana petani memperoleh air untuk padinya,” tambahnya.

Menurut Ridwan, tanaman padi para petani bisa tumbuh dan berkembang harus mendapatkan asupan air yang cukup.

Namun sebaliknya, jika tanaman padi tidak memperoleh air yang cukup, tanah persawahan petani akan retak dan tanaman padi akan rusak.

Sebelumnya, Kapolsek Kelara Polres Jeneponto, Iptu Bakri mengatakan untuk mencegah terjadinya lonsor susulan yang lebih parah.

Kami akan berkordinasi oleh pihak terkait untuk melakukan menutupan irigasi air tersebut,dan melarang warga melintasi jalan tersebut untuk sementara waktu,guna mencegah hal hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Diketahui longsor terjadi karena curah hujan yang sangat deras sehingga mengakibatkan tanah retak dan terjadilah lonsor.

 

• Penulis : Pupung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *