Jamaah An-Nadzir Hari Ini Salat Idul Adha, Berdasar Pemantauan Bulan dan Air Laut

oleh -
Jamaah An-Nadzir saat menunaikan ibadah Salat Idul Adha | Foto: A. Syahrul Khair/Cakrawalainfo.com

CAKRAWALAINFO.com, GOWA – Ratusan Jamaah An-Nadzir lebih awal melaksanakan Salat Idul Adha. Hari ini Sabtu (10/8/2019) para jamaah An-Nadzir menunaikan salat Idul Adha di Kelurahan Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Mereka meyakini 10 Dzulhijjah jatuh pada Jumat 9 Agustus kemarin. Dengan berdasarkan cuaca pada Jumat siang kemarin.

“Sesuai dengan pengamatan bulan Dzulqad’ah itu yang ke 14, 15, 16. Itu yang kami rasa sempurna, salah satu tandanya itu fajar di timur dan ufuk di barat artinya muncul matahari di timur dan tenggelam di barat,” kata Sekretaris Jenderal Jamaah An-Nadzir Uztads Samiruddin. Sabtu (10/8/2019).

Namun berbeda dengan penganut agama ummat Islam lainya, dimana perayaan Idul Adha 1440 H dilaksanakan serentak pada Minggu 11 Agustus besok. Berdasarkan dengan puncak ibadah haji atau wukuf di padang arafah.

“Selain dari bulan itu tentunya kita juga melakukan pemantauan pasang puncak air laut yang terjadi sejak Rabu lalu,” tambahnya.

Selain menunaikan Hari Raya Idul Adha. Jamaah An-Nadzir juga melakukan pemotongan sapi untuk berqurban dan akan dibagi kepada warga yang kurang mampu.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.com 2019