Ini Lima Cara Mendeteksi Kamera di Toilet Umum

thumbnail

CAKRAWALAINFO.id, MAKASSAR – Heboh salah satu Universitas ternama di Sulawesi selatan menjadi topik perbincangan hangat. Lantaran telah ditemukannya sebuah hp dan kamera GoPro di dalam toilet mahasiswi.

Bagaimana tidak, hal ini tentu saja dapat merugikan si pengguna toilet, meskipun hasil rekaman tersebut untuk konsumsi si pelaku pribadi atau nantinya akan di sebar luaskan.

Tak heran jika video tersebut kini mulai meresahkan warga. Tentunya kejadian seperti ini tidak diinginkan oleh siapapun juga, tapi untuk sekadar berhati-hati ada baiknya sebelum menggunakan toilet umum, beberapa hal ini harus kamu lakukan dan perhatikan dengan cara jeli.

1. Sebelum menggunakan toilet umum, ada baiknya kamu melihat atap atau langit-langit toilet umum yang akan digunakan. Apakah ada sesuatu yang aneh?

2. Ingat teknologi kamera sekarang semakin canggih, bentuknya bisa beragam, bahkan ada yang menyerupai pulpen atau benda-benda kecil lainnya. Jadi pastikan bahwa di dalam toilet tidak ada benda-benda mencurigakan.

3. Untuk melihat kamera tersembunyi, kamu bisa membiarkan toilet atau ruang yang akan kamu deteksi itu dalam keadaan gelap, lalu arahkan kamera ponsel kamu ke seluruh ruangan. Ketika ada titik merah di temukan, maka itu artinya di ruangan tersebut ada kamera tersembunyi di dalamnya.

4. Untuk melihat kamera tersembunyi, kamu bisa membiarkan toilet atau ruang yang akan kamu deteksi itu dalam keadaan gelap, lalu arahkan kamera ponsel kamu ke seluruh ruangan. Ketika ada titik merah di temukan, maka itu artinya di ruangan tersebut ada kamera tersembunyi di dalamnya.

5. Jika kamu menemukan alat yang mencurigakan atau handphone yang ditaruh dalam keadaan menyala, maka jangan ragu untuk panggil petugas. Jangan pindahkan atau mematikan kamera ataupun mikrofon. Berpura-puralah seperti kamu belum menyadari adanya kamera, karena nantinya barang-barang tersebut bisa kamu gunakan untuk menjadi barang bukti.

Editor   : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Back To Top