Ini Jadwal Accera Kalompoang Akan di Laksanakan di Gowa

oleh -
Ilustrasi Accera' Kalompoang.

CAKRAWALAINFO.com, GOWA – Usai melakukan gelar pertemuan terkait pembahasan acara adat Accera’ Kalompoang, Pemkab Gowa, Kerajaan Gowa dan Polres Gowa siap kembali menyelenggarakannya.

Pasca vakum beberapa tahun silam. Kini kembali akan digelar pesta adat tersebut. Seluruj elemen masyarakat diminta agar untuk bersatu dan mensukseskan acaa tradisi tersebut.

Tradisi Accera Kalompoang kembali akan digelar pada Minggu (11/08) mendatang.

Kapolres Gowa langsung mengungkapkan, usai mengikuti diskusi bersama pihak Pemkab dan Kerajaan Gowa di ruang kerjanya, seluruhnya akan didukung penuh dan kembali diselenggarakan.

“Pasca vakum, acara Accera Kalompoang kini akan digelar kembali. Untuk itu, saya mengajak masyarakat Gowa dapat bersatu dan kompak dalam mendukung dan mensukseskan tradisi budaya ini,” ujar Akbp Shinto Silitonga. Kamis (8/8/2019).

Tradisi Accera Kalompoang ini harus mendapat dukungan dari seluruh lapisan elemen masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Gowa, mengingat tradisi ini merupakan peninggalan kebudayaan yang patut dilestarikan.

Tak hanya itu, pelaksanaan Accera Kalompoang ini juga diharapkan dapat berlangsung lebih khidmat dari terdahulu. Mengingat penyelenggaraan kali ini dilakukan secara bersama antara pihak Pemkab dan Kerajaan Gowa, pasca sebelumnya sempat saling berselisih paham dan saling lapor-melapor kepada pihak kepolisian.

“Kami berharap, tradisi budaya Accera Kalompoang dapat terjaga kelestariannya, sehingga Kabupaten Gowa juga dapat semakin dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan manca negara,” tutur Akbp Shinto Silitonga.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.com 2019