Imbas Karhutla, Banyak Satwa Turun Gunung di Kawah Ijen dan Gunung Ranti

oleh -
Imbas Karhutla, Banyak Satwa Turun Gunung di Kawah Ijen dan Gunung Ranti
Situasi dan kondisi di pemukiman warga |

CAKRAWALAINFO.id, BANYUWANGI – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) memantau adanya pergerakan satwa berbagai jenis yang turun gunung.

Itu karena dampak terjadinya kebakaran di Area Gunung Ranti, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen dan hutan konservasi Merapi Ungup-ungup.

Beberapa warga juga melihat banyaknya satwa yang turun pasca kebakaran hutan tersebut.

Dari pemantauan melalui kamera, banyak satwa yang turun menuju ke arah lereng timur, terutama satwa burung hingga menuju ke kawasan Erek-erek dan Gantasan.

Kepala Resort TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo mengatakan, sejumlah satwa tersebut diantaranya kijang, berbagai jenis burung utamanya burung kacamata juga macan kumbang dan macan tutul.

“Mereka terpantau dari area Pos Bunder, turun menuju ke lereng yang belum terbakar untuk mencari tempat yang teduh. Pergeseran berbagai jenis satwa tersebut pada radius 5 kilometer dari area TWA Kawah Ijen,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (25/10/2019).

Sigit mengaku selain satwa, akibat yang ditimbulkan dari kebakaran ini adalah pada tanaman. Karena diketahui, ribuan jenis tanaman yang ada di TWA Kawah Ijen dinilai sebagai penyumbang oksigen terbesar di Banyuwangi.

Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019