Hiu Paus yang Terjebak di PLTU Paiton Terluka Akibat Gesekan

oleh -
Hiu Paus yang Terjebak di PLTU Paiton Terluka Akibat Gesekan
Hiu Paus yang Terjebak di PLTU Paiton Terluka Akibat Gesekan

CAKRAWALAINFO.id, PROBOLINGGO Seekor hiu paus terjebak di saluran air (inlet) PLTU Paiton dan terluka di beberapa bagian. Lukanya tersebut diduga akibat gesekan dengan dinding atau karang yang tajam.

Informasi tersebut disampaikan Kasi Program dan Evaluasi BPSPL Kementerian Kelautan dan Perikanan Permana Yudiarso. Menurutnya, luka robek tersebut berada di depan mata kiri, sirip dada bagian kiri, dan ekor belakang bagian kiri.

Luka robek tersebut diketahui tim BPSPL saat melakukan pengamatan pada Kamis (12/9). Permana menyampaikan tim terus berupaya melakukan evakuasi hewan laut yang dilindungi itu.

Luka robek yang dialami hiu paus dikhawatirkan melemahkan stamina hewan laut yang memiliki ukuran raksasa tersebut.

“Dari pengamatan BPSPL, luka robek di tubuh hiu diduga karena bergesekan dengan dinding atau karang yang tajam. Karena itu, tim terus berupaya mengeluarkan hiu dari saluran air,” kata Permana saat dihubungi detikcom, Selasa (17/9/2019).

Kemudian, dari hasil pengamatan yang dilakukan, pemasangan jaring penghalang yang berada di mulut inlet tak sampai menyentuh dasar, sehingga hiu tersebut bisa masuk hingga akhirnya terjebak.

Dari kedalaman inlet sekitar 15 meter, ukuran jaring hanya sekitar 12 meter. Dan diduga karena itulah hiu paus akhirnya bisa masuk.

Dalam hal itu, dikatakan Permana, BPSPL sudah minta pihak PJB PLTU Paiton mengevaluasi ukuran dan model jaring yang dipasang saat ini.

Hingga kini, upaya pengembalian hiu paus ke laut terbuka terus dilakukan Kementerian Perikanan. Untuk mempercepat proses evakuasi, tim khusus akhirnya dibentuk pada Senin (16/9).

Tim khusus evakuasi dipimpin Dandim Probolinggo Letkol Imam Wibowo. Tim terdiri atas Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut KKP, Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati-KLHK.

BPSPL Denpasar, Satwas PSDKP Probolinggo, BBKSDA Jawa Timur, Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Situbondo, dan lainnya.

Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019