Hendak Lepas Landas, Pesawat di Irlandia Terbakar

oleh -
Ilustrasi

CAKRAWALAINFO.id, DUBLIN – Sebuah pesawat yang hendak lepas landas di Bandara Shannon, Irlandia bagian barat, tiba-tiba terbakar di bagian bawah. Akibatnya, operasional penerbangan di bandara tersebut ditangguhkan sementara.

Seperti dilansir AFP, Kamis (15/8/2019), insiden ini melanda sebuah pesawat jenis Boeing yang dioperasikan oleh Omni Air International, maskapai charter asal Amerika Serikat (AS) yang secara khusus melayani penerbangan militer dan transportasi pemerintah.

“Departemen urusan darurat bandara saat ini telah berada di lokasi kejadian dan sebelumnya telah memadamkan kebakaran eksternal di bagian undercarriage,” sebut juru bicara Shannon Group, operator bandara, dalam pernyataannya.

“Seluruh penumpang dan awak telah diturunkan dengan selamat dan saat ini ada di dalam gedung terminal,” imbuh juru bicara yang tidak menyebut namanya itu.

Foto-foto dari lokasi yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat yang terhenti di landasan tengah dikeliling oleh sejumlah kendaraan pemadam kebakaran. Penyebab kebakaran di bagian bawah pesawat tersebut belum diketahui.

“Pesawat Boeing 767-300 yang dioperasikan Omni membatalkan lepas landas dan telah dievakuasi dengan selamat,” demikian pernyataan maskapai Omni Air via Twitter.

Sementara untuk korban tak ada dalam insiden tersebut.

Tidak ada korban luka dalam insiden ini. “Laporan-laporan awal mengindikasikan tidak ada luka serius pada penumpang maupun awak,” imbuh pernyataan tersebut.

Laporan menyebut pesawat sedang membawa personel militer saat insiden terjadi, namun pihak Bandara Shannon menolak memberikan komentar.

Diketahui bahwa Bandara Shannon diwarnai kontroversi di Irlandia karena memfasilitasi pergerakan tentara AS, memberikan dukungan logistik untuk operasi militer AS di luar negeri.

Juru bicara Shannon Group hanya menyatakan bahwa para staf bandara saat ini sedang berupaya mengevakuasi pesawat dari landasan.

Dampak dari insiden ini, operasional Bandara Shannon terpaksa ditangguhkan sementara. Otoritas bandara menyebut upaya evakuasi pesawat bisa ‘membutuhkan waktu lama’.

Dalam pernyataan seperti dilansir Associated Press, pihak bandara meminta para penumpang untuk memeriksa jadwal penerbangan dengan masing-masing maskapai sebelum mendatangi terbang.

Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019