Heboh! Beredar Kabar Raja Dangdut Rhoma Irama Meninggal Dunia, Ini Faktanya

oleh -
Raja Dangdut Rhoma Irama. (Int)

CAKRAWALAINFO.id, JAKARTA– Belakangan ini tengah dihebohkan dengan kabar yang memberitakan bahwa Raja Dangdut Rhoma Irama telah meninggal dunia yang tersebar di media sosial.

Hal ini tersebar di aplikasi perpesanan WhatsApp, Jumat, 5 Juni 2020. Dalam kabar tersebut juga melampirkan tangkapan layar pemberitaan sebuah situs media dengan judul “Rhoma Irama Meninggal Dunia, Bukti Kebesaran Si Raja Dangdut.”

Dalam pemberitaan media itu sendiri diketahui diterbitkan situs Fimela.com pada 9 Januari 2016, silam.

Hanya saja, dalam isi artikel pemberitaan tersebut disebutkan bahwa yang meninggal dunia bukanlah Raja Dangdut Rhoma Irama, melainkan seorang mahasiswa yang memiliki nama yang sama dengan pelantun lagu “Judi” itu.

Hal itu pun terkuak setelah anak kandung dari Rhoma Irama, Debby Irama angkat bicara saat diwawancarai Bintang.com pada 8 Januari 2016 silam.

“Jadi saat baca berita orang mengira yang meninggal adalah Rhoma Irama si Raja Dangdut. Padahal, yang meninggal adalah seorang mahasiswa,” kata Debby Irama.

Debby mengatakan, mahasiswa yang mirip nama bapaknya itu merupakan mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Debby menyebut mahasiswa yang juga yang bernama Rhoma Irama tersebut sempat mengalami kondisi kritis sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu, 6 Januari 2015, silam.

Menurut Debby, fans berat dari Rhoma Irama memang suka menggunakan nama Rhoma Irama sebagai nama mereka.

“Para fans berat Rhoma Irama memang suka menggunakan nama Rhoma Irama. Namun, ada juga yang hanya mengambil penggalan namanya untuk disematkan pada nama anak mereka,” ujarnya.

Debby juga menyebut ada juga fans yang mengambil judul lagu Rhoma Irama untuk dijadikan nama mereka.

“Ada juga yang mengambil judul lagu untuk dijadikan nama,” ujar perempuan bernama lengkap Debby Verama Sari ini.

Alhasil, dari fakta yang yang berhasil dirangkum, maka dapat disimpulkan bahwa kabar yang menyebutkan Raja Dangdut Rhoma Irama meninggal dunia adalah informasi yang tidak benar alias hoaks.

Faktanya, yang meninggal bukanlah penyanyi dangdut Rhoma Irama, melainkan seorang mahasiswa yang memiliki nama yang sama dengan pelantun tembang “Begadang” itu

Editor : Supriadi. M

© |  CAKRAWALAINFO.id     2020