Hasil F1 GP Abu Dhabi: Hamilton Tutup Balapan dengan Gelar Juara 2019

oleh -
Loading...

CAKRAWALAINFO.id, JAKARTA – Pembalap tim Formula One (F1) Mercedes-AMGLewis Hamilton sukses menutup 2019 dengan sempurna. Dia tampil dominan dan memenangkan balapan terakhir musim ini pada Grand Prix (GP) Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (1/12/2019) malam.

Memulai balapan dari pole position, Hamilton bisa mempertahankan posisi terdepan. Dia mampu menahan pembalap Red Bull Racing Max Verstappen. Keadaan itu membuat Verstappen kehilangan momentum, sehingga disalip pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc.

Leclerc dan Verstappen kemudian bersaing ketat selama beberapa putaran. Pembalap Scuderia Ferrari lainnya, Sebastian Vettel berusaha mendekati Verstappen. Namun, dia kesulitan utnk mendahului pembalap asal Belanda tersebut.

Pada putaran ke-13, Ferrari memutuskan mengganti ban untuk kedua pembalapnya. Tetapi, akibat pergerakan mekanik Ferrari yang lambat, Vettel harus menunggu lebih lama, karena ban milik Leclerc tengah diganti.

Karena Ferarri mengganti ban lebih dulu, Membuat Hamilton dengan bebas memimpin di depan. Disusul oleh Verstappen yang naik ke peringkat kedua.

Baru pada putaran ke-26 Verstappen mengganti bannya. Dia keluar di belakang Leclerc dan masih unggul atas Vettel. Verstappen pun berusaha untuk mengejar Leclerc.

Karena jarak dengan pembalap di belakangnya sudah jauh, Hamilton baru mengganti bannya pada putaran ke-27. Hasilnya, dia tak kehilangan banyak waktu dan tetap memimpin saat keluar dari pit.

Memasuki putaran ke-32, Verstappen berhasil menyalip Leclerc di tikungan ke-8. Leclerc berusaha untuk mempertahankan posisinya, sayang dia tak mampu menahan Verstappen.

Akibat tergerus cukup parah, Leclerc kembali mengganti bannya pada putaran ke-39. Beruntung, Vettel juga harus mengganti ban, sehingga pembalap asal Monako itu bisa bertahan di posisi ketiga. Tetapi, hal itu membuat Vettel mundur ke peringkat keenam.

Sedangkan Hamilton memimpin hingga17 detik di depan Verstappen. Dia pun tak tersentuh dan berhasil menjaga posisinya hingga memenangkan lomba terakhir.

Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Loading...