Gejolak Pilkades Desa Bonto Karaeng Bantaeng Berakhir, Hasil Hitung Manual Sama E-voting

oleh -
Perhitungan suara ulang di Pilkades desa Bonto Karaeng Kabupaten Bantaeng

CAKRAWALAINFO.id,BANTAENG– Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang diikuti 12 Desa di Kabupaten Bantaeng yang berlangsung, Rabu, (16/10/2019) lalu.

Namun Pilkades yang menggunakan sistem E-Voting, menuai gejolak dari berbagai pendukung Cakades yang tidak terpilih.

Para pendukung Cakades yang tidak terpilih menuntut untuk dilakukan perhitungan ulang secara manual, karena mereka menduga perhitungan E-Voting tersebut, panitia dinilai ada kecurangan.

Menurut Kepala Dinas PMD Bantaeng Chaeruddin Arsyad dihadapan cakrawalainfo.id di halaman Polres Bantaeng mengatakan, 12 Desa masuk pemilihan serentak, hanya 3 Desa yang keberatan dengan perhitungan sistem E-Voting.

“Ke 3 Desa yang tidak terima hasil perhitungan, diantaranya Desa Bontokaraeng, Desa Biangkeke dan Desa Baruga,” kata Chaeruddin Arsyad.

Chaeruddin, menjelaskan, untuk menindak lanjuti aspirasi para calon desa yang menduga adanya kecurangan, dilaksanakan pertemuan di Aula kantor Bupati, dipimpin Wakil Bupati Bantaeng H. Sahabuddin, turut hadir Kapolres dan Sekda.

“Setelah dilaksanakan pertemuan, disepakati perhitungan ulang secara manual, atas rekomendasi Wabub,” ungkap Chaeruddin.

Dari hasil pertemuan itu, maka dilaksanakan perhitungan ulang, seperti di Desa Bonto Karaeng Kecamatan Sinoa

Sejumlah masyarakat Desa Bontokaraeng pun Kecamatan ikut menyaksikan perhitungan suara ulang dihalaman kantor polres Bantaeng,Jumat, (18/10/2019)

Perhitungan kertas suara dibuka jam 14.00 siang setelah shalat Jumat hingga pukul 20.30 malam.

Hasil perhitungan kembali dimenangkan nomor urut 1, H. Arifuddin memperoleh suara 601, sementara nomor urut dua Arifin memperoleh suara 593.

Setelah perhitungan manual dan sistem E-Voting membuahkan hasil yang sama.

Hasil perhitungan suara ulang secara manual itu, sama hasil perhitungan E-Voting, panitia pun mengucapkan rasa syukurnya.

Ketua panitia Pilkades Hartati mengatakan berterimah kasih kepada para petugas dalam hal ini Kapolres Bantaeng dan TNI, atas perlindungan kemanannya.

“Semoga tidak terulang lagi aksi seperti yang terjadi kemarin,”ungkap Hartati sambil meneteskan air mata

Sementara Kapolres Bantaeng AKBP Adip Rojikan, menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Bontokaraeng.

“Kami harapkan masyarakat agar senantiasa membangun Desa dengan kerja keras dan menjalin komunikasi dan kordinasi yang baik dalam membangun Desa,” ujarnya

Penulis : Supriadi
Editor   : SR
© | CAKRAWALAINFO.id 2019