Dorong Daya Saing Lewat Infrastruktur, NA Puji Visi Pembangunan Bupati Enrekang

  • Whatsapp

CAKRAWALAinfo.id, ENREKANG — Puncak acara HUT ke-61 Kabupaten Enrekang berlangsung sukses. Acara dipusatkan di Lapangan Abu Bakar Lambogo dan Anjungan Sungai Mata Allo, Jumat 19 Februari 2021.

Hadir Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Bupati Enrekang Muslimin Bando, Wabup Asman, Anggota DPR RI Mitra Fakhruddin MB, dan Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif, Wabup Enrekang periode sebelumnya Amiruddin, dan jajaran forkopimda.

Bacaan Lainnya

Salahsatu rangkaian HUT adalah peresmian Anjungan Sungai Mata Allo. Kemudian gubernur memberikan sambutan dan arahan didepan bupati serta jajaran, termasuk para kepala desa dan lurah yang dihadirkan khusus atas permintaan gubernur.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan terimakasihnya kepada gubernur atas dukungannya terhadap pembangunan infrastruktur Enrekang.

MB menyinggung, anjungan yang kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat ini, sempat mendapat penolakan. Bahkan DPRD sampai 3x menerima aspirasi terkait rencana pembangunan anjungan ini.

“Saya juga ditanya, baik oleh DPRD, wartawan dan sejumlah kalangan. Saya jawab nanti kalau rampung baru saya berkomentar. Jika bagus dan disenangi, berarti berhasil. Dan hasilnya seperti yang sudah kita saksikan tadi,” kata MB disambut aplaus hadirin.

Anjungan yang menggunakan anggaran Rp13,8 miliar itu, kini menjadi spot favorit masyarakat. Serta jadi tujuan dan persinggahan wisatawan.

Bupati juga menguraikan tekadnya menggenjot infrastruktur hingga pedalaman. Sebab manfaatnya dirasakan betul oleh warga. Misalnya ia mencontohkan, akses Bungin ke Enrekang yang dulunya harus ditempuh berjam-jam bahkan hari.

Sekarang, Bungin ke Enrekang cukup 2 jam paling lama. “Inilah manfaatnya jika bantuan keuangan digunakan dengan efektif,” ujar MB.

Selanjutnya bupati berharap gubernur meloloskan bantuan pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang sedang dirancang. Proposal MPP-pun sudah disampaikan ke gubernur.

MPP ini diharapkan mempercepat dan mempermudah pelayanan masyarakat. Utamanya yang berasal dari daerah yang jauh dari pusat kota Enrekang.

~Gubernur Puji Muslimin Bando

Gubernur memuji Bupati Enrekang yang dia anggap punya visi yang luar biasa. Utamanya pada masa pandemi ini, MB mampu memimpin Enrekang dengan mendorong pertumbuhan ekonomi lewat pembangunan infrastruktur, sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan lainnya.

“Kunci daya saing daerah ada pada pembangunan infrastruktur. Perbaikan akses jalan, jembatan, dan sarana prasarana akan segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Gubernur.

Merespon permintaan MB, Gubernur memastikan menyiapkan bantuan keuangan yang proporsional untuk Enrekang. Nilainya tidak ia sebut, sebagaimana kebijakannya di daerah lain.

“Bantuan keuangan daerah tidak kita ganggu meski ada refocusing. Kita melakukan efesiensi di sektor lain,” ungkap NA. Terkait hal ini, dia mempersilahkan Bappeda Kabupaten Enrekang berkomunikasi dengan Bappeda Pemprov.

Nurdin juga memuji penyelenggaraan puncak HUT Enrekang, yang dia sebut layak jadi percontohan daerah lain. Selain penerapan prokes yang disiplin, juga forkopimda hadir lengkap dan kompak.

Puncak HUT juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dari Bank Sulselbar, serta penyerahan bibit ketapang, cengkeh, dan kayu putih, dari Ketua TP-PKK Sulsel Liestiaty F Nurdin kepada Ketua TP-PKK Enrekang Hj Johra MB. (Humas Pemkab Enrekang).

• Penulis : Ilham S

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *