Dijerat Pasal Berlapis, Dua Kakak Kandung Pembunuh Gadis di Bantaeng Terancam Hukuman Mati

oleh -

CAKRAWALAINFO.id, BANTAENG– Dua kakak kandung, Rahman bin Darwis (30) dan kakak keempat korban, Anto bin Darwis (20) yang tega membunuh adiknya, Rosmini (16) dengan menggorok lehernya dijerat pasal berlapis hingga ancaman hukuman mati.

Kapolres Bantaeng, AKBP Wawan Sumantri mengatakan, bahwa dari hasil pemeriksaan ke sembilan orang yang diamankan tersebut, penyidik menetapkan dua orang kakak korban sebagai tersangka.

“Rahman dan Sugiarto. Kedua saudara korban ini ditetapkan sebagai tersangka dalam mengeksekusi korban Rosmini hingga mengakibatkan meninggal dunia,” ujar, Kapores Bantaeng, Kamis (14/5/2020).

Dia menambahkan, untuk mempertanggujawabkan perbuatanya, kedua tersangka dijerat pasal berlapis undang – undang perlindungan anak dan pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman seumur hidup.

“Atas perbuatanya pelaku, mereka diganjar pasal 80 Ayat 3 Jo. Pasal 76C UU No 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas UU No 23 Tahun Tentang Perlindungan anak atau pasal 350 KUHP Subsider Pasal 338 KUHP Jo. pasal 55 Ayat (1) ke – 1, ke-2, pasal 56 ayat 1,2 KUHP,” ungkapnya.

“Pelaku terancam hukuman 15 tahun penjara sampai yang tertinggi hukuman mati,” imbuh Wawan.

Sementara itu, polisi mengamankan barang bukti berupa sebilah parang lengkap dengan sarungnya dan badik yang digunakan menghabiskan korban, dan sarung yang berlumuran darah yang pakai oleh korban.

Kata dia, dari hasil pemeriksaan psikiater terhadap kesembilan orang diperiksa, hasilnya dalam keadaan sehat kejiwaannya, hanya ibu korban mengalami gejala gangguan jiwa berat.

“Kecuali Anis ibu korban, dia mengalami gejala atau gangguan jiwa berat namun didapatkan tanpa dan gejala episode depresi yang dapat diperiksa lebih lanjut,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi mengamankan sembilan orang anggota keluarga korban termaksud kedua orang tuannya dan dua orang kakak ipar korban.

 

Penulis: Muhajir Aditama

Editor : Syam

 

© | CAKRAWALAINFO.id 2020