Dandim 1425/Jeneponto Sebut Hari Lahir Pancasila Adalah Identitas Bangsa yang Akan Selalu Ada

oleh -

CAKRAWAINFO.id, JENEPONTO– Hari Kelahiran Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonseia yang diperingati pada setiap 1 Juni memang menjadi momen kebangkitan rasa nasionalisme bagi setiap masyarakat yang tinggal di Bumi Pertiwi.

Tepat pada tanggal 01 Juni 2020 hari lahir Pancasila genap 75 Tahun, Komandan Kodim (Dandim) 1425/ Jeneponto, Letkol Inf Irfan Amir menyampaikan Salam Kebangsaan di hari lahir Pancasila.

Letkol Inf Irfan mengatakan pengamalan Pancasila selama ini adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh segenap bangsa indonesia terkhusus didalamnya masyarakat Jeneponto.

“Seperti halnya menyambut hari lahir orang-orang yang dicintai, hari lahir Pancasila pula sangat penting untuk diperingati agar identitas bangsa kita selalu tetap ada dihati dan sanubari segenap bangsa Indonesia, setiap perjalanan suatu bangsa tidak luput dari berbagai Dinamika yang dihadapinya,” ujar Irfan dalam keterangannya, Senin (01/05/20).

Sehingga, kata Irfan, pancasila hadir sebagai pemersatu bangsa yang beranekaragam suku, agama dan bahasanya melalui semboyan Bhineka Tunghal Ika.

“Momentum ini kita jadikan sebagai spirit dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara dan Bangsa yang kita Cintai ini,” ujar Irfan

“Perayaaan ini juga sebagai upaya membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” imbuhnya.

Beruntungnya, kata Irfan, Bumi Pertiwi memiliki nilai-nilai luhur yang tidak akan pernah hilang dari sanubari bangsa Indonesia. Sehingga, menurut Irfan, setiap gangguan dan ancaman yang datang menghempas dapat dihadapi bersama dalam satu tekad Bhineka Tunggal Ika

Irfan juga menyebut, Jeneponto masyarakatnya adalah investasi bangsa dalam membangun karakter daerah yang berlandaskan pancasila.

“Jeneponto adalah rumah kita, masyarakatnya adalah investasi, krna pada praktiknya terdapat kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada,” urai Dandim Irfan.

“Kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam meraih masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur, mari jaga Negara Indonesia agar terus berdiri kekal dan abadi, salam Kebangsaan,Merdeka.!,” terang Letkol Inf Irfan Amir.

 

Penulis: Nasir Tinggi

Editor : Syam

 

© | CAKRAWALAINFO.id 2020