Dampak Kekeringan, Satu Desa di Gowa Butuh Air Bersih

oleh -
Dampak Kekeringan, Satu Desa di Gowa Ambil Air di Sungai
Seorang warga memikul air bersih

CAKRAWALAINFO.id, GOWA Indonesia adalah daerah iklim tropis, dan memiliki musim yang berkepanjangan salah satunya adalah mengatasi kekeringan.

Dampak kekeringan di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia juga dirasakan. Salah satunya datang dari Kabupaten Gowa di Sulawesi Selatan.

Kekeringan itu terjadi di Desa Timbuseng, Dusun Bollangi, Kecamatan Pattallassang tak menikmati air bersih selama dua bulan belakangan ini.

Kata salah seorang warga, Fajri mengatakan selama dua bulan sejak memasuki musim kemarau warga setempat hanya mengambil air di sungai yang tak jauh dari tempatnya.

“Adami dua bulan (tidak ada air bersih), di sungai ji ambil kasian, di situmi orang ambil air, mencuci, memikul,” aku dia saat ditemui Cakrawalainfo.id, Jumat (06/09/2019).

Fajri mengaku, warga Dusun Bollangi ini hanya mengambil air sungai. Ia juga mengaku ada yang kerap berjualan air bersih namun dianggapnya menguras kantong pendapatan lantaran terlalu mahal.

“Ada (penjual air) galon tapi mahal lagi, satu itu lima ribu,” tambah dia.

Dengan inisiatif dari kepolisian Polres Gowa mengadakan penyuplaian air bersih, warga Bollangi mengaku sangat terbantu.

“Iya sangat membantu, lumayan ini sudah terbagi (ke warga, red). Ada air sumur tapi sudah sedikit airnya,” jelasnya.

Uniknya, para polisi Polres Gowa ini menyuplai air bersih menggunakan mobil taktis baja Water Cannon, dimana pada umumnya hanya digunakan saat adanya aksi unjukrasa.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019