Dampak Kebakaran TPA Sampah Tamangapa, Kabut Asap Selimuti Gowa

oleh -
Dampak Kebakaran TPA Sampah Tamangapa, Kabut Asap Selimuti Gowa
Salah satu pengendara yang diberi masker oleh personel Polres Gowa | Dokumentasi Istimewa

CAKRAWALAINFO.id, GOWA – Kebakaran hebat yang melanda TPA Sampah Tamangapa membuat angin segar tak dinikmati warga Kabupaten Gowa.

Meski TPA Sampah Tamangapa terletak di Kelurahan Antang, kota Makassar ternyata berimplikasi kepada warga Kabupaten Gowa.

Baca juga : Kebakaran Hebat Landa TPA Sampah Tamangapa di Makassar

Olehnya, sedikitnya 200 lembar masker wajah dibagikan oleh jajaran personel Polres Gowa. Hal itu dikatakan langsung Kasubbag Humas Polres Gowa, AKP Tambunan.

“Benar, hari ini kami membagi masker kepada masyarakat mengingat kondisi cuaca di kabupaten Gowa tidak bersahabat, akibat kabut asap yang berasal dari lokasi tempat pembuangan akhir sampah yang berada di wilayah Antang, Makassar,” kata Tambunan, Senin (16/09/2019).

Dampak kebakaran TPA Sampah Tamangapa Antang ini, bisa menyebabkan Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA adalah infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam.

ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama bagi anak-anak dan lansia.

Tak hanya membagikan, mereka juga mengimbau kepada pengendara dan pengemudi agar selalu mengedepankan kondisi kesehatan.

Baca juga : Tolak Revisi UU KPK, Massa Bawa Keranda, Simbol KPK ‘Mati’

“Kita bagikan masker sedikitnya 200 buah, itu untuk memberikan kepada warga atau pengendara yang melintas. Semoga masker yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi warga masyarakat,” tambah dia.

Antusias masyarakat yang membutuhkan masker itu juga tampak terlihat, lantaran beberpa personel Sat Shabara Polres Gowa dihampiri oleh pengendara.

Sebelumnya, peristiwa kebakaran itu dilaporkan terjadi sejak pukul 13.30 Wita kemarin Minggu (15/09). Itu Karena banyaknya sampah yang sulit terurai seperti sampah plastik.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019