Bikin Bingung, Masyarakat Pertanyakan Legalitas Rekomendasi Cakades Di Jeneponto

oleh -
Logo Pilkades Serentak

CAKRAWALAINFO.id, JENEPONTO–Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap pertama tahun 2019 di Kabupaten Jeneponto memasuki tahapan melengkapi kekurangan berkas dan persyaratan.

Kades petahana yang ingin maju kembali diwajibkan menyerahkan laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan tahun 2018 ke kecamatan.

Setelah itu, kecamatan menerbitkan surat pernyataan (rekomendasi) telah menyerahkan LPJ akhir masa jabatan kades sebagai syarat mutlak petahana bisa maju lagi.

Persyaratan wajib bagi petahana tersebut harus dipenuhi jika ingin lolos dan ditetapkan menjadi calon kades.

Sebab pada bulan September 2019 memasuki tahap penetapan dan pengumuman balon kades yang telah terdaftar.

Namun, ada yang aneh pada pemilihan pilkades di Desa Datara, Kecamatan Bontoramba, pasalnya dari 3 balon cakades Datara dua diantaranya merupakan ASN.

Mereka bertarung di antaranya adalah Muh.Jufri L, (Mantan Desa), Faisal Jafar (Plt Desa Datara) dan Rabanai, Namun keputusannya dipertanyakan sejumlah warga, dan tokoh masyarakat.

Menurut mereka, ada salah satu cakades yang dipertanyakan prosedur penerbitan rekomendasinya, karena ada perbedaan nomor persuratan rekomendasi, yang merupakan salah satu syarat bagi ASN yang mencalonkan diri sebagai cakades.

“Ada salah cakades yang dipertanyakan rekomendasinya, karena ada perbedaan nomor persuratan,dan itu syarat mutlak bagi ASN yang mencalonkan diri sebagai Cakades.”Ungkap warga ke CakrawalaInfo,id yang enggan disebutkan namanya, Rabu, (11/09/2019)

Sementara itu kepala Dinas Pemdes Jeneponto, Maskur mengatakan, sejauh ini rekomendasi yang didapatkan Jufri itu berasal dari bagian umum pemkab Jeneponto, tapi sudah dimasukkan kembali di BKPSDM.

“Rekomendasi yang didapatkan Jufri itu bersala dari bagian umum Pemkab Jeneponto dan sudah dimasukkan kembali di BKPSDM, dan intinya sudah ada tanda tangan Bupati Jeneponto,”Jelasnya ke CakrawalaInfo.id

Penulis : Nasir Tinggi
Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019