Berencana Bangun Puskesdes, Pemkab Bantaeng Bakal Gusur Rumah Warga Cabodo

oleh -
Berencana Bangun Puskesdes, Pemkab Bantaeng Bakal Gusur Rumah Warga Cabodo
Surat penyampain dari pemerintah Kabupaten Bantaeng

CAKRAWALAINFO.id, BANTAENG – Pemerintah Kabupaten Bantaeng bakal membangun pusat kesehatan desa atau Puskesdes di Kelurahan Bonto Sunggu, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.

Untuk membangun Puskesdes itu, Pemkab Bantaeng bakal merelokasi perkampungan warga pesisir.

Itu terletak di kampung Cabodo, Kelurahan Bontosunggu, Kecamatan Bissappu.

Untuk merelokasi perkampungan tersebut, Pemkab Bantaeng telah dua kali melayangkan surat penyampain.

Seperti, surat nomor 640. 3/34)DPKPP/I/ 2019 Tanggal 15 Januari 2019 dan nomor 640. 3/793/DPKPP/X/ 2019.

Dua surat perihal penyampaian kepada Lura Bonto Sungguh, Kecamatan Bissappu untuk menyampaikan kepada saudara Agus Salim agar mangosongkan tanah yang ditempati dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Mengingat tanah tersebut akan segera di banguni fasilitas umum dalam haI ini Puskesmas Kesehatan Desa (Puskesdes).

Hal itu pun dikeluhkan oleh warga yang tinggal di kampung Cabodo, diantaranya Agus Salim.

“kami tinggal ditempat ini sejak tahun 2005, saya sudah yang kedua kali menerima surat penyampain untuk pengosongan kata tanah ini dengan cepat, katanya mau di banguni Puskesdes,” kata Agus Hasan yang namanya tertulis dalam surat penyampay Agus Salim

Agus Hasan pun mengaku, bahwa tanah yang ditempati itu merupakan pemberian dari Pemkab Bantaeng melalui Pemerintahan Kelurahan Bonto Sungguh.

“Sudah ada penyerahan Tanah secara sah dari pemerintah Kelurahan Bonto Sungguh pada tahun 2010, saya memiliki surat keterangan kepemilikan tanah/rumah, surat itu di tanda tangani kepala kelurahan Bonto Sungguh,” jelas Agus Hasan

Namun surat keterangan kepemilikan tanah/rumah tertanggal 20 September 2010 yang di tanda tangani kepala kelurahan Bonto Sungguh Hj.Sohrah.

Lengkap dengan batas-batasnya yang dimiliki Agus Hasan tidak bernomor, tapi dia akan tetap tidak ingin digusur dari tempat itu

“Saya tidak terimah jika rumah saya digusur dan tetap akan saya pertahankan hak kami, lebih baik nyawa saya melayang dari pada tempat kami digusur paksa.” tegas Agus Hasan.

Penulis : Supriadi
Editor   : SR
© | CAKRAWALAINFO.id 2019