Begini Kehidupan Mahasiswa UIN Makassar Kuliah Sambil Bekerja

thumbnail

CAKRAWALAINFO.id, MAKASSAR – Biaya kuliah yang mahal dan kebutuhan hidup yang banyak itu pasti bikin pusing orang tua terutama bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga yang sederhana. Biaya buat bayar SPP, kos-kosan, untuk makan sehari-hari, untuk kesana kemari, untuk ngeprint tugas dan masih banyak lagi kebutuhan yang harus dipikirin orang tua kita.

Ketika orang tua harus bekerja keras demi menyekolahkan anak sampai lupa bahwa di dunia ini ada rasa capek, rasanya tidak tega. sementara kita di sini dikit-dikit maunya uang. Mau parkir aja butuh uang. Nah dengan bekerja, kita tidak menjadi beban bagi orang tua dalam hal biaya kuliah dan kehidupan di tanah rantauan.

Sebut saja Jayusman, seorang mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar yang saat ini menempuh pendidikan di kampus Hijau semester 5 di jurusan Ilmu Komunikasi.

Jayusman umur 20 tahun merupakan anak pasangan dari Baharuddin -Aminah yang sehari-harinya bekerja sebagai pedagang lima dan merupakan warga Desa Bontocani, Kabupaten Bone.

Namun, tidak banyak orang yang tau tentang kisah hidupnya,

Jayusman orang baik dan dia mempunya siifat pendiam dan tertutup. Banyak orang yang menganggap Jayusman tidak sosial dan dipandang sebelah mata karena dia kerjanya hanya selalu kos, kampus, kampung.

Menurut salah satu teman kampusnya Afifatul Hidayat mengatakan Jayusman orangnya pendiam dan dia dikenal baik oleh teman-teman kampus. banyak yang mengira Jayusman orang tidak sosial, namun kenyataannya tidak seperti itu. setelah pulang kampus dia langsung berangkat bekerja.

“Setelah saya liat ternyata pulang kampus dia langsung pergi ke tempat kerjanya, tempat kerjanya pun bukanlah tempat mewah tapi dia bekerja sebagai buruh bangunan, rupanya dia bekerja sebagai buruh

bangunan untuk menafkahi dirinya sendiri dan untuk kebutuhan kuliahnya,”Ungkap Afifatul.

Ia bekerja karena ingin memenuhi kebutuhan hidupnya dan membantu meringankan beban orangtuanya untuk pembayaran SPP,”Tutup Afifatul.

Penulis : Redaksi
Editor   : Ig
© | CAKRAWALAINFO.id 2019

Back To Top