Basarnas Makassar Goes to School ke Gowa

oleh -
Basarnas Makassar
Suasana pemberian materi kepada siswa di SMP Neg 2 Sungguminasa Gowa. Selasa (13/8/2019).

CAKRAWALAINFO.id, GOWA Badan Sar Nasional (Basarnas) Makassar menggelar kegiatan Sar to School di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sungguminasa, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Selasa (13/8/2019) Basarnas Makassar disambut hangat oleh siswa tersebut.

Giat Sar goes to school itu memberikan edukasi tentang infrastruktur mengenai kebencanaan, sebelum, selam dan setelah terjadinya bencana yang kerap melanda Negeri Indonesia di berbagai daerah.

Peserta yang itu terdiri dari kelas VII, VIII, IX mempraktekkan pula cara mengangkat korban yang pingsan, setelah mengetahui teknik pengangkatan korban dengan benar.

“Peserta harus dapat mengetahui perilaku safety ketika terjadi bencana. Selain untuk pertolongan diri sendiri juga agar dapat menolong korban lain,” ujar Asyikin, salah satu instruktur Sar kantor Basarnas Makassar.

Pihak Basarnas Makassar berharap, dengan menyandang status sebagai pelajar agar bisa melakukan tindakan yang benar ketika sewaktu-waktu terjadi bencana di sekitaran lingkungannya.

“Setelah ini kami lanjutkan ke SMPN 1 Sungguminasa juga. Mudah-mudahan dengan adanya giat pengetahuan ini bisa memberikan edukasi siaga bencana sejak dini,” tandasnya.

Ia menghimbau agar edukasi materi yang telah diberikan itu bisa menjadi wadah pengetahuan tentang mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat terjadi bencana.

Potensi bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami serta bencana longsor, banjir dan kebakaran perlu memberikan edukasi sejak dini yang dimulai dari generasi ke generasi

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Agil Munawar
© | CAKRAWALAINFO.id 2019