Aliran Sesat, Polisi Geledah Rumah Maha Guru Tarekat Khalwatiyah Gowa

oleh -
Aliran Sesat, Polisi Geledah Rumah Maha Guru Tarekat Khalwatiyah Gowa
Suasana di rumah maha guru Tajul Khalwatiyah Syech Yusuf Gowa

CAKRAWALAINFO.id, GOWA – Penyidik Polres Gowa lakukan penggeledahan di rumah milik Puang La’lang, yang diduga merupakan maha guru penganut aliran sesat, tarekat Tajul Khalwatiyah Syech Yusuf Gowa.

Penggeledahan itu berlangsung di kediaman Puang La’lang di Dusun Tamalate, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Para penganut Tajul Khalwatiyah Syech Yusuf Gowa ini dilaporkan penistaan Agama oleh Majelis Ulama Islam (MUI) Kabupaten Gowa.

“Hari ini Polres Gowa melakukan komunikasi dengan bapak Andi Mappasaguni dan beberapa orang pengikut Puang La’lang, dalam konteks ini.

Rangkaian kegiatan ini adalah kegiatan penggeledahan yang sudah mendapatkan ijin dari pengadilan Negeri Sungguminasa,” kata Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga. Sabtu (14/09/2019) malam.

Penggeledahan yang dilakukan penyidik Polres Gowa, melibatkan ratusan personel gabungan terdiri dari Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Shabara, dalam hal ini untuk menjaga keamanan dan sterilisasi lokasi dilakukannya penggeledahan

“Berdasarkan laporan oleh Ketua MUI Kabupaten Gowa, pada tanggal 11 September 2019, maka kami lakukan komunikasi dengan PN Sungguminasa, untuk meminta persetujuan penggeledahan,” ungkap Kapolres.

Sebelumnya, telah dilakukan rapat pembahasan terbuka antara MUI dan dengan penganut Tajul Khalwatiyah dan Pemkab Gowa, di Polres Gowa, beberapa bulan lalu.

Para penganut aliran sesat Khalwatiyah ini mengatakan sepakat akan mengikuti koridor ketentuan agama Islam, dimana pihaknya siap diri untuk dibimbing kejalan yang benar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis, menegaskan, agar aktivitas terkait paham dan ajaran Tarekat Tajul Al Khalwatiyah untuk sementara dihentikan.

“Mulai hari ini, hentikan aktivitas penyebaran aliran dan ajaran tersebut. Silakan mengajarkan yang sesuai dengan hadis,” tegas Muchlis.

Selain itu, rapat tersebut hadir juga Kajari Gowa Muh Basjar Rifai, Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, Ketua MUI Gowa KH Abubakar Paka.

Ketua FKUB Gowa Ahmad Muhajir, Kasdim 1409 Gowa Mayor Inf Husain dan para Kapolsek jajaran Polres Gowa.

Penulis : A. Syahrul Khair
Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019