10 Negara Tak Bisa Akses Youtube, Indonesia Termasuk?

oleh -
10 Negara Tak Bisa Akses Youtube, Indonesia Termasuk?
logo YouTube

CAKRAWALAINFO.id, TECHNO Siapa yang tidak kenal platfrom Youtube?, yah Youtube adalah salah satu platfrom selancar media dokumentasi berbasis video di seluruh negera. Bahkan di Indonesia sendiri banyak pegiat Youtubers.

Memiliki akun Youtube dan membuat saluran channel bisa saja kamu mendapatkan keuntungan darinya. Banyaknya artis juga bergelut menjadi Youtubers hingga akhirnya menerima imbalan dari pihak platfrom tersebut.

Namun, berbeda dengan beberapa negara yang tidak bisa mengakses platform Youtube. Rasanya sulit membayangkan akan hal itu, tetapi memang betul pelarangan itu telah dibuat masing-masing pemerintahnya.

Mau tahu? Yuk simak rangkuman Cakrawalainfo Techno di negara mana saja yang tidak bisa berselancar platfrom Youtube.

1. Turki

Turki jadi salah satu negara yang menerapkan kebijakan tanpa YouTube karena sempat viralnya sebuah video yang menggugat pemerintah karena kasus korupsi besar-besaran. Dianggap jadi sarana pemicu perpecahan, YouTube kemudian diblokir.

2. Brasil

 

Rakyat Brasil harus rela merasakan internetan tanpa YouTube di negara mereka. Ya, sebuah kasus beredarnya video skandal seorang model ternama negeri Samba, Daniela Cicarelli, membuat pemerintah kemudian memutuskan untuk memblokir situs dan aplikasi YouTube.

3. Jerman

Jerman jadi satu-satunya negara elite Eropa yang (atau setidaknya pernah) memblokir YouTube lho. Hal itu terjadi karena pemerintah melarang berdarnya video musik dengan embel-embel label rekaman baik berbentuk video klip maupun live concert.

4. Turkmenistan

Tanpa alasan resmi, pemerintah Turkmenistan memblokir YouTube untuk warganya lho. Meski begitu, mereka gak 100% memblokir akses YouTube. Buat warganya yang ingin mengakses YouTube di tempat umum, mereka harus menunjukkan paspor mereka ke pengelola tempat atau penyedia jaringan.

5. Cina

Rasanya gak perlu dipertanyakan lagi alasan Cina memblokir YouTube. Dikenal dengan protokol ketat seputar internet, Cina memblokir situs-situs tertentu, termasuk YouTube, untuk diakses warganya.

6. Libia

Pemerintah Libia juga memblokir warganya mengakses YouTube karena beredarnya beberapa video anti
pemerintah yang tentu berisi konten ketidaksukaan pihak-pihak tertentu terhadap kebijakan pemerintahan.

7. Thailand

Thailand jadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang pernah memblokir YouTube lho. Kasus beredarnya video berbentuk slide show berisi penghinaan terhadap wajah raja Thailand membuat pemerintah memblokir YouTube selama lima bulan di tahun 2007.

8. Pakistan

Sebuah video “Innocence of Muslims” yang terbilang provokatif membuat pemerintah Pakistan memblokir YouTube di negaranya. Selain provokatif, video tersebut dianggap bisa menimbulkan perpecahan bahkan peperangan jika isinya dianut oleh masyarakat yang menyaksikan.

9. Iran

Kisruh yang sempat terjadi di Iran membuat pemerintah mereka memblokir YouTube. Ya, protes akibat pemilu tahun 2009 dan viralnya beberapa video di YouTube membuat pemerintah mengambil tindakan tegas dengan memblokir situs tersebut.

10. Korea Utara

Selain Cina, Korea Utara juga termasuk negara yang menerapkan aturan ketat seputar internet lho. Kim Jong Un selaku kepala negara menerapkan aturan bahwa hanya orang-orang atau elite-elite tertentu yang mendapatkan akses YouTube. Untuk warganya, pemerintah menyediakan situs sendiri yang mirip YouTube bernama Kwangmyong.

Editor : Ikram Fairuz
© | CAKRAWALAINFO.id 2019